Published On: Thu, Feb 7th, 2019

Pesawat Emiliano Sala Ditemukan, Jenazah Berhasil Diangkat Dari Dasar Laut

Pesawat Emiliano Sala Ditemukan, Jenazah Berhasil Diangkat Dari Dasar Laut

MN, Jakarta – Pihak resmi Britania Raya telah mengonfirmasi keberhasilan mereka mengangkat jenazah di puing pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala. seperti yang dilansir Goal Indonesia
Satu jenazah berhasil diangkat ke permukaan dari puing pesawat yang dipercaya mengangkut penyerang Cardiff City Emiliano Sala pada Kamis (7/2) pagi WIB ini.

Biro Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) mengonfirmasi bahwa korban, yang identitasnya belum diungkap ke publik, akan diserahkan ke Dorset setelah sebelumnya kontraktor spesialis membantu proses pengangkatannya.

Sala, bersama pilot David Ibbotson, berada di dalam pesawat Piper Malibu N264DB yang hilang dari pantauan radar di sekitar perairan Guernsey pada 21 Januari lalu.

Namun proses pencarian awal sempat dihentikan karena tidak ada tanda-tanda sehingga membuat pihak keluarga melakukan inisiatif sendiri dengan menggalang dana bantuan lebih dari 300 ribu euro lewat GoFundMe.

Dan pada Minggu (3/2) kemarin, satu jasad terlihat berada di dalam pesawat nahas tersebut yang lantas dilakukan proses pengangkatan mulai awal pekan ini, meski bangkai pesawat itu susah untuk dievakuasi.

“Menyusul pemantauan visual lebih jauh di lokasi jatuhnya pesawat menggunakan remotely operated vehicle (ROV), kemudian diputuskan untuk melakukan operasi pengangkatan,” kata AAIB lewat pernyataannya.

“Ini adalah situasi yang menantang, pihak AAIB dan kontraktor spesialis sukses mengangkat jenazah yang sebelumnya terlihat di puing tersebut. Operasi ini dilakukan dengan cara yang bermartabat dan keluarga korban terus diberi perkembangan informasi.

“Sayangnya, usaha untuk mengangkat puing pesawat tidak berhasil karena kondisi cuaca buruk yang memaksa kami untuk mengembalikan ROV ke kapal. Prakiraan cuaca juga buruk untuk ke depannya sehingga keputusan sulit akhirnya diambil untuk menghentikan semua operasi. Adapun jenazah itu untuk saat ini dibawa ke Portland untuk kemudian dikirim ke Dorset.

“Meski sulit untuk mengangkat puing pesawat, rekaman video yang ditangkap oleh ROV bisa digunakan sebagai bukti berharga untuk investigasi keselamatan.

“Kami akan memberi perkembangan berikutnya lewat laporan internal, yang mana bakal diungkap ke publik dalam waktu satu bulan setelah kejadian.” (hsn/goal)

About the Author

- “Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.”

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com