Published On: Wed, Mar 27th, 2019

KSOP TBK Gelar DPM Tahap Pertama, Diikuti 400 Peserta

Kepala KSOP Kelas I TBK, Junaidi di pulau Buru Kepri

MN, Pulau Buru – Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tahap pertama digelar Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun (TBK) bersama STIP Jakarta di pulau Buru TBK, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (27/3).

Kepala KSOP Kelas I TBK, Junaidi usai membuka DPM menjelaskan, diklat merupakan tindak lanjut dari kegiatan Gerai Percepatan Penerbitan Pas Kecil untuk kapal di bawah GT 7 yang telah dilaksanakan di Pulau Buru pada tanggal 13 Maret 2019.

Peserta DPM (awak kapal nelayan dan kapal layar motor tradisional) sebanyak 400 orang akan menerima materi Basic Safety Training (BST), dan pelatihan Surat Keterangan Kecakapan 60 Mil (SKK 60 Mil) untuk Deck Departement dan Engine Departement.

Edukasi yang diberikan tim pengajar dari STIP Jakarta, bertujuan meningkatkan keterampilan dan kompetensi para awak kapal nelayan dan kapal tradisional di wilker KSOP Kelas I TBK. Selanjutnya peserta akan menerima sertifikat dan status hukum kapal.

Antusias mengikuti kegiatan DPM yang diberikan secara gratis oleh Pemerintah, terlihat dari banyaknya jumlah peserta yakni berjumlah 400 orang masyarakat di wilayah Pulau Buru dan sekitarnya.

Junaidi berharap proses edukasi terkait aspek keselamatan dan keamanan pelayaran yang meliputi teknik pertahanan diri, pemadaman kebakaran, dasar-dasar P3K, tanggungjawab sosial juga keselamatan diri, agar menjadi concern para peserta DPM.

Turut hadir pada pembukaan DKM di gedung Serbaguna pulau Buru, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun Fajar Harison Abidin mewakili Bupati Karimun, beserta instansi terkait di Kabupaten Karimun, operator kapal tradisional dan stakeholders.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com