Published On: Thu, Mar 28th, 2019

Perkuat Kerjasama Hidrografi Regional, Pushidrosal Hadiri 19th NIOHC di Oman

Sekjen Kemhan Oman Mohamed Bin Nasser Al-Rasby saat menyambut kedatangan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.

Sekjen Kemhan Oman Mohamed Bin Nasser Al-Rasby saat menyambut kedatangan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.

MN, Muscat – Sebagai langkah memperkuat kerjasama bidang hidrografi di kawasan Samudera Hindia, Indonesia turut mengirimkan delegasinya menghadiri konferensi regional Samudera Hindia bagian Utara, 19th North Indian Ocean Hydrographic Commission Conference (NIOHC) di Muscat Oman, Selasa (26/3).

Konferensi NIOHC yang ke-19 ini dibuka oleh Sekjen Kemhan Oman Mohamed Bin Nasser Al-Rasby, Commander of Royal Navy of Oman Rear Admiral Abdullah bin Khamis Al-Raisi, Direktur IHO Rear Admiral (Ret) Mustafa Iptes, dan Chairman NIOHC UK National Hydrographer Rear Admiral Tim Lowe.

Ada yang menarik dalam konferensi kali ini, yaitu pada penyelenggaraan yang ke-19 kalinya, dihadiri juga oleh jumlah negara yang identik, 19 negara, yaitu Bangladesh, Mesir, India, Indonesia, Myanmar, Pakistan, Saudi Arabia, Srilanka, Thailand, dan Inggris sebagai Full Members. Lalu ada Australia, Prancis, Oman, Mauritius, Seychelles, dan Amerika Serikat sebagai Associate Members, serta Russia, Somalia, dan Yaman sebagai negara observer.

Selain 19 negara tersebut, pertemuan kali ini juga dihadiri oleh organisasi kemaritiman internasional seperti IMO, IHO, IALA, IC-ENC, dan juga beberapa industri pemetaan laut yang turut hadir berpartisipasi. Kehadiran beberapa organisasi kemaritiman internasional tersebut, merupakan langkah kongkret dari panitia penyelenggara agar organisasi-organisasi besar tersebut memberikan makalahnya sebagai bagian dari UN ‘Delivering as One” initiative dalam bahasan Economic Impact and Benefits of Hydrography to the Blue Economy.

Sebagai bagian dari konferensi tersebut, Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. menyampaikan bahwa konferensi yang memasuki penyelenggaraan ke-19 kalinya ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas data sebagai bagian dari upaya mendukung keselamatan pelayaran di wilayah regional serta tercapainya global nautical charting yang merupakan mandate dari International Hydrographic Organization (IHO).

Lebih dari itu, Kapushidrosal juga menyatakan bahwa konferensi ini juga merupakan upaya meningkatkan kemampuan tidak hanya kemampuan teknis hidrografi dan kartografi bagi segenap peserta yang hadir, namun juga menjadi sarana untuk berbagi pengalaman dan evaluasi kegiatan kantor hidrografi di wilayah regional.

 

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>