Published On: Fri, May 17th, 2019

Sidang IMO MEPC Ke-74 Bahas Isu Perlindungan Lingkungan Maritim

Sidang IMO MEPC ke-74 di London

MN, London – Negara Indonesia┬ámerupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak pada jalur pelayaran dunia, dan memiliki peran penting dalam menjaga jalur perdagangan dunia, termasuk memprioritaskan upaya perlindungan lingkungan maritim.

Karenanya pada Sidang IMO – Marine Environmental Protection Committee (MEPC) ke-74 yang dihelat di London, Inggris sejak Senin tanggal 13 Mei – 17 Mei 2019, delegasi Indonesia mengawal kepentingan Indonesia khususnya terkait isu lingkungan.

Kasubdit Pencegahan Pencemaran Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Ditjen Perhubungan Laut, Capt Jaja Suparman selaku wakil Kementerian Perhubungan yang ikut Sidang IMO tersebut mengatakan, bahwa Pemerintah memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga dan melindungi perairan di Indonesia.

Terbukti kini Indonesia menyediakan 3 (tiga) alur laut kepulauan dan memelihara seluruh alat bantu navigasi agar dapat berfungsi dengan baik, serta menjaga keselamatan, keamanan dan perlindungan lingkungan maritim di seluruh wilayah Indonesia.

Khusus di bidang lingkungan, komitmen Pemerintah Indonesia dapat dinilai dengan ditetapkannya program mengurangi sampah plastik di laut dari tahun 2017 hingga tahun 2025 sebesar 70%.

Pemerintah Indonesia menegaskan komitmen mengurangi sampah plastik di laut, antara lain menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut, yang menegaskan rencana aksi Indonesia mengurangi sampah plastik di laut.

Indonesia juga mendukung Action Plan IMO to Address Marine Plastic Litter from Ships (Resolution MEPC.310(73)) yang disahkan pada sidang MEPC ke-73 tahun 2018. Termasuk akan ikut serta di correspondence group untuk marine plastic.

Selain soal sampah plastik, agenda Sidang MEPC ke-74 yang diketuai oleh Hideaki Saito dari Jepang membahas beberapa isu, antara lain tentang pengurangan emisi gas rumah kaca dari kapal, implementasi batas kandungan sulfur pada tahun 2020, dan implementasi Konvensi Manajemen Air Ballast.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google