Published On: Sat, Jul 13th, 2019

Geliat Kamal Muara, Life Jackets dan Wisatawan

Dermaga Kamal Muara, Jakarta Utara

MN, Jakarta – Geliat pariwisata Kepulauan Seribu Jakarta Utara dengan beberapa pulau yang populer di kalangan wisatawan, telah didukung sepenuhnya oleh Kementerian Perhubungan terkait upaya penerapan aspek keselamatan berlayar.

Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut dengan sepenuh hati mengikuti perkembangan pelabuhan pendukung pariwisata, diantaranya dermaga Kamal Muara yang menjadi titik keberangkatan wisatawan menuju pulau Kelor, Onrust dan Cipir.

Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke, Capt Handry Sulfian menegaskan, bahwa kehadiran petugas UPT Dìtjen Perhubungan Laut di pelabuhan Muara Angke dan Kamal Muara guna memastikan penumpang kapal tradisional dibawah 7 GT memakai fasilitas life jackets.

“Setiap keberangkatan kapal pengangkut para wisatawan ke pulau destinasi wisata di Kepulauan Seribu selalu diawasi anggota KSOP Muara Angke,” terang Handry Sulfian kepada Maritimnews di Jakarta, Jumat (12/7).

Selain pentingnya life jackets, lanjut Handry, Ditjen Perhubungan Laut memberikan PAS kecil secara gratis kepada 177 kapal nelayan dan kapal penumpang tradisional di Muara Angke dan Kamal Muara DKI Jakarta pada bulan Februari – Maret 2019 lalu.

“Kini sedang digodok Program Perberdayaan Masyarakat untuk sertifikasi BST dan SKK 30 mil bagi nelayan dan awak kapal tradisional secara gratis pula yang bekerjasama dengan pihak STIP dan BP2TL,” tambah Handry.

Sedangkan arus penumpang tujuan Kepulauan Seribu yang melalui Kamal Muara khususnya pada hari Sabtu dan Minggu (weekend) tercatat rata-rata sebanyak 500 orang. Artinya dalam sebulan, jumlah wisatawan diperkirakan mencapai 2.000 orang.

“Selain daya tarik Kepulauan Seribu, wilayah Kamal Muara tak kalah menarik. Lokasi keberangkatan para wisatawan domestik tersebut, rupanya memiliki nuansa eksotis dan klasik yang tak disangka kalau Kamal Muara berada di kota Jakarta,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google