Published On: Sat, Aug 10th, 2019

Giat KPLP Awasi Penanganan Tumpahan Minyak di Perairan Karawang

Personel KPLP Ditjen Hubla di lokasi tumpahan minyak di Tanjung Karawang

MN, Jakarta – Jajaran Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub terus membantu giat pengawasan terhadap penanganan tumpahan minyak dari anjungan lepas pantai Karawang yang bocor beberapa waktu lalu.

Upaya pihak Ditjen Hubla dilakukan dengan mengerahkan sumber daya baik personel maupun sarana prasarana yang dimiliki, agar penyebaran tumpahan minyak di Tanjung Karawang dilokalisir dan cepat ditanggulangi.

“Kapal patroli dari pangkalan PLP Priok dan KSOP Kepulauan Seribu bergantian melaksanakan pengawasan dan pengamanan di lokasi tumpahan minyak,” jelas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad di Jakarta, Sabtu (10/8).

Menurut Ahmad, kapal patroli KPLP (Sea and Coast Guard) KN Alugara dan KN Jembio milik Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok bergantian melaksanakan pengawasan dan pengamanan bersama kapal kelas III dari KSOP Kepulauan Seribu.

“Kapal-kapal patroli Ditjen Hubla terlibat giat pengamanan sebagai salah satu upaya antisipasi, jika ada gangguan terhadap kapal yang sedang menggelar Oil Boom di lokasi tumpahan minyak tersebut,” ujarnya.

Saat ini penanganan tumpahan minyak dari anjungan yang dioperasikan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONW) di Pantai Utara Jawa terus dilakukan, melibatkan 46 kapal dan 937 personel serta oil boom sepanjang 5.700 meter.

“Sebagai kapal cadangan, Pangkalan PLP Tanjung Priok juga telah menyiapkan kapal kelas II yaitu KN Kujang posisi di perairan Cirebon untuk setiap saat digerakkan ke lokasi tumpahan minyak,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google