Published On: Tue, Sep 10th, 2019

Kecelakaan Kapal Curah Akibat Muatan Pasir Nickel yang Mencair

Oleh: Capt Ahmad Irfan, MSc

Kabar hilangnya kapal curah milik perusahaan nasional Indonesia dengan muatan Nickel memberikan kekhawatiran terhadap keselamatan 25 orang awak kapalnya. “Kami mendoakan keselamatan untuk seluruh awak kapal, aamiin Ya Rabb”.

Untuk diketahui oleh para nahkoda khususnya dan seluruh pelaut pada umumnya serta pemilik dan manager kapal curah, bahwa muatan nickel dengan tingkat kandungan air yang tinggi akan sangat membahayakan kapal.

Akibat Free Surface Moment yang besar stabilitas kapal negatif, tidak mampu tegak kembali dan terbalik.

Sering terjadi pemilik muatan atau shippers memalsukan data muatan moisture conten (MC), flow moisture point (FMP) dan transportable moisture limit (TML).

Sering terjadi juga pemilik muatan atau shippers menyerahkan kembali muatan pasir nickel yang diatas tongkang yang telah ditolak oleh surveyor karena melewati batas TML, kepada kapal lain.

Nasehat bagi pelaut, surveyor, dan shippers

Untuk nahkoda dan mualim Jangan ragu ragu menolak muatan pasir nickel melebihi TML, cross check TML yang diberikan oleh surveyor dengan hasil TML yang kita dapatkan. Secara phisik dapat terlihat dan teraba.

Untuk Surveyor jangan pernah memalsukan data TML muatan pasir nickel karena sangat membahayakan awak kapal, kapal dan muatannya itu sendiri.

Untuk pemilik muatan atau shippers jangan pernah menyerahkan muatan pasir nickel yang kadar airnya melebihi batas TML. Jangan pernah berpikir asuransi muatan mengganti kerugian muatan jika data-data muatan pasir nickel MC, FPL, TML dipalsukan.

Untuk diketahui sekarang ini semua kapal asing tidak ada yang berani mengangkut pasir nickel dari Indonesia, kecuali dengan harga freight yang sangat tinggi luar biasa.

(Penulis, anggota dari Institute of Chartered Shipbrokers, cabang UK)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>