Published On: Sun, Sep 22nd, 2019

Kemenhub Peringati Hari Menara Suar 2019

Hari Menara Suar

MN, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Menara Suar setiap tanggal 22 September, Kemenhub mengapresiasi para teknisi dan operator Menara Suar yang berdedikasi besar dalam memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran dengan resiko pekerjaan serta tantangan tersendiri.

Petugas Menara Suar terdiri teknisi dan operator Menara Suar yang bertugas jauh dari lingkungan sosial dan keluarga untuk kurun waktu lama. Mereka tak kenal lelah dan tidak menyerah menjaga cahaya Menara Suar agar tetap terang dan menerangi para pelaut, sehingga mereka layak dijuluki Pahlawan.

Para petugas Menara Suar dalam pelaksanaan tugasnya ditunjang oleh armada Kapal Negara Kenavigasian yang melayani kegiatan pemeliharaan SBNP serta gilir tugas dan pengiriman kebutuhan operasional dan logistik petugas hingga ke pulau-pulau terpencil dan terluar, juga sulit dijangkau.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus H Purnomo menegaskan, bahwa menara suar adalah salah satu Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) yang harus ditingkatkan keandalannya guna mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran serta kelancaran lalu lintas pelayaran.

Mengingat keberadaan Menara Suar menunjukkan kedaulatan negara sebagai batas teritorial negara khususnya fasilitas Menara Suar yang terletak di wilayah terdepan di Indonesia.

Menara suar memiliki nilai-nilai sejarah dan menjadi daya tarik suatu wilayah, terutama menara suar peninggalan zaman penjajahan Belanda yang dibangun sekitar tahun 1880 yang menjadi titik awal berkembangnya suatu wilayah pusat perekonomian, sosial dan budaya dengan keluar-masuk kapal-kapal di pelabuhan.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google