Published On: Wed, Dec 11th, 2019

Indonesia Hadiri ASEM TMM ke 5 Hungaria

Pertemuan ASEM TTM 5

MN, Budapest – Bahasan tentang Budapest Declaration dengan isu Digitalisasi, Dekarbonisasi dan Transportasi Berkelanjutan jadi tema dalam pertemuan The Fifth Asia-Europe Meeting Transport Minister Meeting (ASEM TMM 5) yang diselenggarakan di Budapest, Hungaria tanggal 9-11 Desember 2019.

Indonesia ikut hadir diwakili Kementerian Perhubungan yang mengirimkan Delegasi dipimpin oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setijadi didampingi Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Kawasan dan Kemitraan Perhubungan, Dr Gede Pasek Suardika, Direktur Angkutan Jalan, Ahmad Yani, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha.

Budi Setijadi menjelaskan, pertemuan ASEM TMM 5 ini sebelumnya didahului oleh Transport Senior Officials Meeting (TSOM), yaitu pertemuan level eselon 1 yang diselenggarakan pada, Senin (9/12), di mana Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Kawasan dan Kemitraan Perhubungan, Dr Gede Pasek Suardika bertindak sebagai Ketua Delegasi.

“Budapest Declaration ini dibahas dan disetujui oleh menteri-menteri dari negara-negara Asia Eropa pada pertemuan ASEM TMM ke 5,” jelas Budi di Budapest, Selasa (10/12).

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha menambahkan, bahwa kedepan seluruh Mitra ASEM dapat memanfaatkan keuntungan penuh dari fenomena baru di masa depan dengan fokus prioritas pada interoperabilitas global dan netralitas teknologi.

“Negara kita sendiri sekarang tengah mengembangkan penerapan digitalisasi di beberapa sistem moda transportasi. Digitalisasi tidak hanya diterapkan pada infrastruktur, namun juga sistem transportasi termasuk managemen dan operasionalnya harus menggunakan teknologi terkini,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>