Published On: Sun, Dec 15th, 2019

Pelindo IV Investasi Rp120 Milyar, Tiga Pelabuhan Raih Penghargaan Green Port

Balikpapan, salah satu pelabuhan green port

MN, Padang – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV kembali meraih penghargaan di tahun 2019, setelah sebelumnya perusahaan plat merah tersebut berhasil mendapatkan beberapa award, antara lain Industry Marketing Champion dan Best in Bussiness & Company.

Dipenghujung tahun ini Pelindo IV menerima penghargaan “Green Port” dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI sebagai bukti standar Kelas Pelabuhan Internasional saat acara di kota Padang, Sabtu (14/12).

Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang mengatakan, penghargaan “Green Port” diberikan kepada dua pelabuhan cabang Kelas Utama yaitu Pelabuhan Makassar dan Terminal Petikemas Makassar serta pelabuhan Kelas I Balikpapan Kalimantan Timur.

“Pelindo IV berinvestasi dalam merealisasikan program Green Port sebesar Rp 40 milyar untuk setiap pelabuhannya,” jelas Farid Padang kepada Maritimnews, Minggu (15/12).

Pihak Perseroan mengucapkan banyak terima kasih atas penghargaan yang diraih. Tentunya semua berkat kerja keras dan kerja sama dari seluruh manajemen dan karyawan, termasuk stakeholder di lingkungan Pelindo IV.

Seperti diketahui PT Pelindo IV awal 2019 lalu telah meresmikan program elektrifikasi bongkar muat berupa mini power plant di Terminal Petikemas Makassar (TPM), sebagai salah satu upaya mendorong Pelabuhan Makassar menuju green port.

Menurut Farid Padang, penempatan mini power plant guna meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar dan peningkatan produktivitas sekitar 20%-30%.

Dengan mini power plant, penggunaan bahan bakar akan terkoreksi menjadi lebih efisien sebesar 70%, dari solar ke listrik. Mini power plant berpotensi mengurangi emisi gas buang daripada peralatan yang beroperasi menggunakan Solar.

Selama ini, alat bongkar muat di TPM cenderung menggunakan bahan bakar Solar saat dioperasikan. Kehadiran mini power plant ini, penggunaan solar akan terus ditekan. Tujuannya agar lingkungan dan udara di sekitar pelabuhan yang berada di Kota Makassar bisa lebih bersih.

Farid menambahkan, lingkungan bersih dapat dicapai dengan mengurangi emisi gas buang akibat penggunaan bahan bakar High Speed Diesel (HSD) atau minyak solar.

Selain itu Pelindo IV juga menerapkan sistem shore connection yang dipakai dikontrol oleh sistem digitalisasi, bagi seluruh kapal yang sandar  di TPM untuk efisiensi penggunaan bahan bakar kapal memakai sumber listrik dari darat.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com