Published On: Kam, Feb 20th, 2020

Musrenbang 2020: Masyarakat Kalimantan Dukung IKN Baru

Pertemuan Musrenbang Regional Kalimantan tahun 2020 diselenggarakan di Pontianak

MN, Pontianak – Dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Regional se Kalimantan yang digelar di Pontianak pada hari Rabu tanggal 19 Februari 2020, masyarakat Kalimantan menyatakan sikap mendukung pemindahan Ibukota Negara (IKN).

Isu IKN ke pulau Kalimantan dipandang sebagai upaya membangun peradaban Indonesia Baru. Sehingga pentingnya upaya konektivitas di Kalimantan yang telah memiliki momentum guna mendukung pembangunan Ibukota baru tersebut.

Pertemuan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Anggota DPR RI dan DPD RI Daerah Pemilihan Kalimantan, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Kalimantan Utara, serta perwakilan dari BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, dan Bank Indonesia.

Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Sutarmidji yang juga Koordinator Pelaksana Musrenbang 2020 mengatakan, bahwa Musrenbang regional Kalimantan atau dikenal Forum Kerjasama Revitalisasi Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi se-kalimantan.

Menurut Sutarmidji, pertemuan Musrenbang Regional Kalimantan kali ini bertema “Membangun Kalimantan Menuju Peradaban Indonesia Baru” merupakan rangkaian panjang mensinkronisasikan usulan kegiatan yang akan mendukung dan mengisi konektivitas di pulau Kalimantan.

“Sebagian besar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi di Kalimantan berada di bawah IPM Nasional, kecuali IPM Provinsi Kalimantan Timur yakni sebesar 75,83. Kondisi menunjukkan belum optimalnya pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kalimantan,” ujarnya.

Selain pentingnya konektivitas, berikut isi PERNYATAAN SIKAP MASYARAKAT PULAU KALIMANTAN:

Wahai Indonesia

Di Pontianak Tanah Pusaka

Di Bumi Khatulistiwa

Kami Berdiri Tegak Mengangkat Sumpah

Kami masyarakat Pulau Kalimantan tetap dan terus setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945

Kami masyarakat Pulau Kalimantan mendukung perpindahan Ibukota Negara ke Pulau Kalimantan

Kami masyarakat Pulau Kalimantan senantiasa mendukung segala upaya untuk pemerataan kesejahteraan rakyat Indonesia

Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi segala upaya menuju Indonesia yang lebih jaya. Demikian pernyataan sikap kami.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>