Published On: Sat, Mar 21st, 2020

Efisiensi Biaya Capai 50%, Direct Call Melalui Makassar

Kapal Maersk Wolgast yang direct call dari TPM

MN, Makassar – “Efisiensi dan Tekan Biaya Mencapai 50%“. Fakta itu menarik bagi pengusaha/cargo owner, apabila melakukan kegiatan ekspor langsung ke negara tujuan (direct call) dari pelabuhan Makassar atau Balikpapan dibandingkan harus melalui pelabuhan Tanjung Priok Jakarta atau Tanjung Perak Surabaya.

“Terdapat efisiensi biaya sebesar kurang lebih 50%, hemat waktu antara 9 – 15 hari, barang tidak rusak karena tidak lagi double handling, serta meningkatkan PAD karena SKA barang diterbitkan daerah asal,” kata Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang saat melepas direct call kapal Maersk Wolgast milik SeaLand melalui Terminal Petikemas Makassar (TPM), Jum’at (20/3).

Farid Padang menjelaskan, untuk direct call kapal Maersk Wolgast dari TPM merupakan kerjasama antara PT Pelindo IV dengan SeaLand (Maersk Line Group) yang memuat komoditas unggulan asal Sulawesi Selatan, melalui konsolidasi kargo dari semua pengusaha atau eksportir di wilayah setempat.

Adapun komoditas yang disiapkan di antaranya produk perikanan seperti ikan beku, udang, gurita, cumi dan rumput laut yang cukup banyak terdapat di wilayah Sulawesi Selatan dengan rute direct call tujuan China, Thailand, Malaysia, Makassar, Balikpapan dan Filipina.

“Dengan kerja sama direct call bersama SeaLand, diharapkan akan lebih banyak lagi barang ekspor dibawa langsung ke luar negeri tanpa harus melalui Jakarta atau Surabaya,” pungkasnya.

Pernyataan efisiensi biaya tersebut juga pernah ditegaskan oleh Farid Padang, ketika menerima kunjungan Chief Operation Officier Headquarters SeaLand, Clive Van Onselen serta Tim Maersk Line Group di Kantor Pusat PT Pelindo IV Makassar pada awal bulan Januari 2020 lalu.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com