Published On: Tue, Sep 22nd, 2020

Kemenhub Gandeng Kemenko Marves Peringati Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional 2020

AGUNG KUSWANDONO SAAT BERDIALOG DENGAN PETUGAS MENARA SUAR

MN, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Menara Suar pada tanggal 22 September dan Hari Maritim Nasional yang diperingati setiap 23 September, Kementerian Perhubungan menggandeng Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi memberikan apresiasi bagi para Penjaga Menara Suar di wilayah terdepan dan perbatasan.

Apresiasi Pemerintah sudah sepatutnya diterima oleh para pahlawan di tengah lautan. Pengabdian dan pengorbanan para Penjaga Menara Suar dalam menjaga cahaya menara suar merupakan sumbangsih begitu besar bagi keselamatan pelayaran di perairan Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan diwakili Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H Purnomo bersama Sesmenko Marves Agung Kuswandono melakukan dialog dengan petugas Penjaga Menara Suar di Pulau Klah (Disnav Sabang), Menara Suar Sebatik (Disnav Tarakan) dan Menara Suar Lampu Satu (Disnav Merauke).

Menurut Dirjen Agus, Selasa (22/9), Menara Suar merupakan komponen penting dalam mendukung dan menunjang keselamatan pelayaran dan berfungsi juga sebagai eksistensi adanya wilayah Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejalan dengan tema Hari Menara Suar tahun 2020 yakni “Merajut Pulau Menjaga Kedaulatan Negara”, dapat dimaknai sebagai simbol pemersatu bangsa yang berdaulat dimana Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia dan sebagai Poros Maritim Dunia.

Dirjen Agus pun berpesan agar para Penjaga Menara Suar tetap menjaga integritas dan amanah, serta menjaga kesehatan diri sesuai protokol kesehatan Covid-19 selama bertugas di masa pandemi.

Sementara itu, Sesmenko Marves Agung Kuswandono menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam melakukan pembangunan dan pemeliharaan SBNP, khususnya para Penjaga Menara Suar beserta keluarganya yang dengan tulus mengabdikan dirinya untuk keselamatan pelayaran.

Selain Hari Menara Suar tanggal 22 September, terang Agung, bangsa Indonesia juga memperingati Hari Maritim Nasional sebagaimana yang ditetapkan oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekano melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 249/1964 tentang Penetapan Tanggal 23 September Menjadi Hari Maritim Nasional.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com