Published On: Mon, Mar 1st, 2021

Implementasi Covid Free Corridor bagi Pariwisata di Bali

Dialog Produktif KPCPEN FMB9 tema Vaksinasi Datang Pariwisata Gemilang

MN, Jakarta – Dunia pariwisata butuh dukungan untuk bangkit kembali dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, salah satunya melalui pelaksanaan program vaksinasi nasional. Provinsi Bali diberikan prioritas mengenai vaksin di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal itu ditegaskan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno saat acara Dialog Produktif KPCPEN FMB9 dengan tema “Vaksinasi Datang Pariwisata Gemilang” yang digelar secara digital, Senin (1/3).

Dialog virtual dalam rangka mendukung dunia pariwisata tersebut juga diikuti oleh Gubernur Provinsi Bali, Wayan Koster dan Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.

Selain prioritas vaksinasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga Uno menyatakan, akan menyelesaikan kebijakan Covid Free Corridor bagi sejumlah daerah di Bali dengan berkoordinasi lintas instansi agar program Covid Free Corridor dapat diimplementasikan.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif mengungkapkan harapannya agar pariwisata Indonesia dapat segera pulih, setelah dilaksanakan program vaksinasi nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

Menurut Sandiaga Uno, pihaknya ingin mewujudkan visi misi Presiden Republik Indonesia terkait program pengembangan destinasi pariwisata, termasuk Bali dan 5 Destinasi Super Prioritas.

“Tentu tetap harus disiplin menerapkan 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta 3T testing, tracing dan treatment. Saya melihat khususnya di Bali dan beberapa sentra pariwisata dan sentra ekonomi kreatif, bahwa konsensus analis pada tahun 2021 kita bangkit, kita akan rebound,” terangnya.

Menurut Sandiaga Uno, prediksi World Bank, ekonomi Indonesia positif 3,1 persen bahkan IMF perkirakan akan tumbuh 4,8 persen di tahun 2021 dan 6 persen tahun 2022.

“Harus dipastikan guna mencapai target ekonomi yang menjanjikan itu, adalah bagaimana sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mampu bertahan dan bisa menangkap peluang untuk bangkit kembali,” paparnya.

Sandiaga Uno meminta agar sektor pariwisata beserta seluruh sektor pendukungnya dapat berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi, seraya berjanji akan mendorong adanya stimulus bagi para pelaku pariwisata di Bali.

Pandemi Berakhir, Pariwisata Pulih

Sementara itu Gubernur Bali, Wayan Koster mengatakan, bahwa kunjungan wisatawan ke Bali pada masa pandemi turun lebih dari 50 persen per hari. Ini membuktikan bahwa pandemi menjadi pukulan keras bagi perekonomian Bali yang bergantung pada industri pariwisata termasuk industri kreatif.

“Bagaimana pandemi Covid-19 berakhir itu saja, pariwisata akan pulih sendiri kalau pandemi sudah selesai,” harapnya.

Koster menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan infrastruktur, termasuk regulasi untuk program vaksinasi. Dimana prioritas berikutnya adalah dua area yang akan dijadikan Free Covid Corridor oleh Menteri Pariwisata yakni kawasan Nusa Dua dan Kawasan Ubud.

“Kami sudah siapkan infrastruktur dan SOP sehingga begitu vaksin datang, kita tinggal melaksanakan,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com