Published On: Sat, May 22nd, 2021

Perkuat Semangat Juang Prajurit, Pasis Seskoal Kunjungi Museum Pancasila Sakti

Kunjungan Pasis Seskoal ke Museum Pancasila Sakti.

Kunjungan Pasis Seskoal ke Museum Pancasila Sakti.

MN, Jakarta – Sejumlah 175 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA. 2021 mengikuti Kuliah Kerja Kejuangan dengan mengunjungi Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (19/5).

Kuliah Kerja Kejuangan kali ini mengangkat tema “Melalui Kuliah Kerja Kejuangan, Kita Tingkatkan Semangat dan Kesadaran Akan Pentingnya Nilai-nilai Kejuangan TNI Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19  dan Pemulihan Ekonomi Menuju Indonesia Tangguh”. 

Kegiatan ini merupakan salah satu program kurikulum yang harus dilaksanakan Pasis dan berada di bawah Program Pendidikan (Prodik) Departemen Kejuangan (Depjuang) Seskoal. Rombongan Kuliah Kerja Kejuangan ini dipimpin oleh Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr. Opsla., dan Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., CfrA yang didampingi oleh Kadepjuang Seskoal sekaligus Ketua Pelaksana Kuliah Kerja Kejuangan Kolonel Marinir Firman Johan, Dankorsis Seskoal Kolonel Marinir Etwin Ramadhan, S.E., M.Tr. Opsla., Wadan Korsis Seskoal Letkol Laut (P) M.B. Pandjaitan, S.E., M.Tr. Opsla., para dosen dan Patun, serta staf Depjuang Seskoal.

Setibanya di Monumen Pancasila Sakti, rombongan diterima langsung oleh Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) TNI Brigjen TNI Triwahyu Mutaqin Akbar, S.Sos. yang didampingi Kepala Monumen Pancasila Sakti Letkol Caj (K) Winarsih, S.Sos  di depan Gedung Paseban. 

Dalam sambutanya, Brigjen TNI Triwahyu Mutaqin Akbar, S.Sos. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) karena telah memberikan kesempatan kepada para siswa Seskoal untuk berkunjung ke Monumen Pancasila Sakti, yang merupakan salah satu wahana kesejarahan di bawah naungan Pusjarah TNI. 

“Wahana yang lain berada dibawah naungan Pusjarah TNI yaitu Museum Satriamandala di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Museum Keprajuritan Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Museum Bhakti TNI di Mabes TNI Cilangkap. Keberadaan sebuah Bangsa yang besar lahir dari rangkaian sejarah yang panjang, seperti yang sering kita dengar bahwa sejarah adalah guru terbaik (Historia Vitae Magistra),” ujar Kapusjarah TNI.

Membacakan sambutan Danseskoal, mengatakan sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI AL, Seskoal berperan dan bertugas mendidik, membekali, dan mengembangkan kemampuan para Pasis untuk menjadi pemimpin yang mampu menjadi pemikir, perencana strategi pertahanan negara. 

“Sebagai calon pemimpin, para Pasis diharapkan memiliki wawasan yang luas dari berbagai disiplin ilmu. Sesuai dengan tema tersebut maka sasaran dari kegiatan ini agar Pasis dapat menumbuhkembangkan pemahaman kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kejuangan TNI terhadap persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia,” ujar Wadan Seskoal. 

Kuliah Kerja Kejuangan ini tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan menggunakan hand sanitizer serta menjaga jarak menghindari dari kerumunan untuk memutuskan virus Covid-19.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com