Published On: Fri, Nov 26th, 2021

Program Tol Laut, Disnakertrans Pemkab Jayapura Inisiasi Pengembangan SDM Maritim Depapre

Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi TKBM Pelabuhan Depapre

Tol Laut menjadikan Percepatan Pendirian Pengoperasian Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Depapre dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Maritim Depapre. Pemberdayaan tenaga kerja Kabupaten Jayapura terus ditingkatkan bersamaan dengan dioperasikannya Pelabuhan Depapre”

MN, Jayapura – Program Tol Laut Pemerintah Republik Indonesia sebagai bagian dari percepatan roda perekonomian di Papua, mendorong Pemkab Jayapura melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jayapura menginisiasi program pelatihan dan peningkatan kompetensi SDM di Politeknik Pelayaran Surabaya menuju profesionalisme bagi para TKBM Koperasi Sinar Pau Pelabuhan Depapre.

Bupati Jayapura melalui Asisten III bidang administrasi umum Kabupaten Jayapura Dr Timotius Demetouw bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jayapura Esau Awaitouw, sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan dan peningkatan SDM TKBM yang telah berlangsung dua angkatan, pertama di PIP Makassar dan kedua di Poltekpel Surabaya.

“Peningkatan kompetensi adalah wujud komitmen Pemeritah Daerah dalam pemberdayaan tenaga kerja bagi sumber daya manusia maritim di pelabuhan dengan hadirnya Program Strategis Nasional Tol Laut di Pelabuhan Depapre,” terang Bupati Jayapura dalam sambutan saat kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi TKBM Pelabuhan Depapre, baru-baru ini.

Kegiatan pelatihan tersebuti didukung Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura sebagai penyelenggara pelabuhan yang memiliki tugas fungsi pengawasan, pembinaan dan pengendalian yang sedang menggalakan penyusunan Peraturan Daerah mengenai pendirian BUP sebagai operator Pelabuhan Depapre, termasuk pemberdayaan SDM TKBM.

Kepala KSOP Kelas II Jayapura, Capt Roni Fahmi menjelaskan di Jayapura, Kamis (26/11),  bahwa pelatihan SDM tersebut seiring dengan semangat Program Strategis Nasional Presiden Joko Widodo yaitu Tol Laut oleh Kementerian Perhubungan yang telah menghadirkan KM Logistik Nusantara II di Pelabuhan Depapre dengan baik dan lancar pada 27 Januari 2021 lalu.

Capt Roni mengingatkan, Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA dan perkembangan Industri Pelayaran Nasional yang semakin pesat akan berdampak pada pelayanan pelabuhan di setiap tahapan kegiatan mulai dari pelayanan kapal, stevadoring, cargodoring, haulage trucking dan kegiatan distribusi logistik lainnya. Salah satunya adalah pelayanan bongkar muat yang pelaksanaannya dipengaruhi atau dikerjakan oleh para TKBM.

Sementara itu Ketua Koperasi TKBM Sinar Pau Depapre, Agustinus Nyaro menyampaikan, bahwa peningkatan kompetensi sangat berguna bagi SDM TKBM mengingat keberadaannya sangat mempengaruhi kinerja bongkar muat barang di pelabuhan. Hal ini menuntut diperlukan pengembangan SDM TKBM yang profesional dan terampil dalam melakukan pelayanan jasa kerja bongkar muat, baik di atas kapal dan pelabuhan bahkan sampai ke gudang, depo-depo serta gerai maritim/logistik.

Pemkab Jayapura Bersama KSOP Jayapura Inisiasi BUP

Selain pelatihan SDM TKBM, Bupati Jayapura diwakilkan Asisten III bidang administrasi umum Kabupaten Jayapura Dr Timotius saat Rapat Koordinasi dan Harmonisasi di Sentani, Jumat (19/11) menegaskan, bahwa keberadaan BUP ditargetkan juga dapat memberikan peluang investasi yang semakin terbuka bagi pengembangan daerah melalui Pelabuhan Depapre yang memiliki Hinterland mencakup 14 wilayah Kabupaten/Kota termasuk di wilayah Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Rapat koordinasi dan Harmonisasi telah merancang terbentuknya Peraturan Daerah dengan dukungan penuh pihak KSOP Kelas II Jayapura yang diharapkan akan mampu meningkatkan layanan Pelabuhan Depapre dengan konsep percepatan program pendirian Badan Usaha Pelabuhan atau BUP.

Kasie Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan KSOP Jayapura, Willem Thobias Fofid menambahkan, nantinya keberadaan BUP akan diikuti juga dengan program pelatihan TKBM, sebagai wujud semangat Program Pemerintah Republik Indonesia dalam visi misi menjadi poros maritim dunia bahkan pengembangan perdagangan pasifik.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com