Published On: Mon, Jan 17th, 2022

Geliat Pelabuhan Lembar Dukung MotoGP 2022

Pelabuhan Lembar

MN, Lombok – Perhelatan MotoGP seri Indonesia yang akan digelar di Sircuit Mandalika pada tanggal 18-20 Maret 2022 mendatang, ikut mempengaruhi geliat berbagai sektor transportasi termasuk angkutan laut. Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub melalui Kantor KSOP Kelas III Lembar telah mempersiapkan dukungan berupa optimalisasi Sarana Prasarana di Pelabuhan Lembar, khususnya Terminal Penumpang Gili Mas.

Kepala Kantor KSOP Kelas III Lembar, R Pradigdo mengatakan pihaknya bersama PT Pelindo melakukan beberapa pengembangan di Terminal Penumpang Gili Mas, dalam rangka peningkatan pelayanan serta fasilitas bagi kapal berstandar pariwisata termasuk Kapal Pesiar.

“Luas dermaga 440 m x 26 m dengan kapasitas ruang tunggu 1.500 orang, jadi terminal ini sudah cukup luas dan memadai,” jelas R Pradigyo di Lombok NTB, Senin (17/1).

Selain itu, pengembangan dilakukan di beberapa zona, yakni Zona Petikemas dengan luas 6,06 Ha, Zona Logistik 1,18 Ha, Zona Perkantoran dan Bisnis Perdagangan 2,95 Ha, Zona Pariwisata / Marina 0,37 Ha, Zona Utilitas 0,83 Ha, Zona Pemerintah 0,5 Ha, Draft Alur & Kolam – 12 mLWS dan Kapasitas Kontainer 1900 Teus.

Pradigdo mengungkapkan, saat ini di Pelabuhan Lembar sudah mulai sandar beberapa kapal berstandar pariwisata. Salah satunya KM Kirana VII yang mengangkut penumpang dan kendaraan dengan Surabaya – Lembar dan sebaliknya.

Menurut info yang Pradigdo peroleh dari para pengusaha, untuk saat ini mulai ramai bookingan untuk bulan Maret 2022 mendatang guna mengangkut puluhan unit kendaraan dari Makassar dan Surabaya menuju Lombok.

“Kami siap mendukung pariwisata dan pengembangan obyek pariwisata skala prioritas di Mandalika dengan menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan yang memadai,” ujarnya.

Berdasarkan informasi PT Pelindo Regional 3 Lembar, mulai Februari hingga Desember mendatang akan ada beberapa kapal pesiar yang sandar di Terminal Gili Mas. Yakni Kapal Golden Horizon pada 17 Februari 2022, Kapal Norwegian Spirit 11 April 2022, Kapal Royal Princess 5 September 2022, Kapal Star Breeze datang dua kali pada 27 Oktober dan 29 Oktober 2022, Kapal Viking Orion 23 November 2022, Kapal Noordam 12 Desember 2022, Kapal Viking Mars 12 Desember 2022, dan Kapal Vasco Dagamma 31 Desember 2022.

“Kami selalu memastikan keselamatan dan kelayakan dermaga untuk sandar dan akan melakukan pengecekan sebelum kapal-kapal sandar,” pungkasnya.

Seperti diketahui bersama, tercatat 4 (empat) kapal roro jarak jauh yang sudah rutin melayani rute Surabaya-Lembar, yaitu Kapal Roro DLN Oasis, KM Batulayar, KM Egon, dan KM Kirana VII.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com