Published On: Mon, May 23rd, 2022

Sambangi Mako Kolinlamil dan Pushidrosal, Ketum PPAL Sosialisasi Program Kerja

 

 

Dok Foto: PPAL

 

Jakarta (Maritimnews) – Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M menggelar kemitraan dengan beberapa koperasi di PPAL baik di Wilayah maupun Rayon di seluruh Indonesia dengan pembina di masing-masing wilayah.

Pasalnya, hingga saat ini tingkat kesejahteraan purnawirawan TNI AL banyak yang masih memerlukan perhatian maupun bantuan bahkan ada yang pra sejahtera. Hal itu semakin dirasakan keluarga ketika purnawirawan meninggal dunia. Banyak muncul masalah, sehingga perlu sosialisasi kepada prajurit untuk persiapan masa purna bhakti.

Hal itu diungkapkan oleh Ketum PPAL ketika melakukan kunjungan kerja di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok dan Mako Pushidrosal di Ancol, Jakarta Utara, Senin (23/5/2022). Di Kolinlamil, Ketua Umum PPAL diterima langsung oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma, Kaskolinlamil Laksma TNI Retiono Kunto beserta staf. Sementara di Pushidrosal, Ketum PPAL diterima langsung oleh Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat, Wadan Pushidrosal Laksda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., beserta staf Pushidrosal.

Pada kunjungan kerja sekaligus silaturahmi tersebut, Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji menyampaikan tentang jabatannya di PPAL sebagai Ketua Umum periode 2021-2024, memperkenalkan Pengurus PPAL, dan menjelaskan program kerja PPAL. Selain itu juga dikemukakan bahwa pada tanggal 17 Agustus 2022 bertepatan dengan HUT ke-36 PPAL, seperti kegiatan terdahulu PPAL direncanakan akan menyelenggarakan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di atas KRI yang melakukan joy sailing di perairan Teluk Jakarta.

Kegiatan tersebut mengundang pimpinan dari PPAD, PPAU, PP Polri, dan masyarakat maritim Indonesia. Untuk itu, jika memungkinkan Kolinlamil bisa memberikan bantuan satu KRI jenis LPD atas persetujuan Mabesal. Panglima Kolinlamil menyatakan akan mendukung program dan kegiatan PPAL sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Pada kunjungan kerja di dua Kotama itu, disampaikan bahwa jumlah purnawirawan TNI AL saat ini sekitar 56.000 orang yang setiap tahunnya bertambah sekitar 2.000 orang. Para purnawirawan TNI AL tersebut merupakan potensi yang perlu dibina termasuk meningkatkan kesejahteraannya. Untuk itu pula, PPAL memiliki Lembaga Amal Donasi Zakat Infak dan Sedekah (LADZIS).

“Dana yang berhasil dihimpun oleh LADZIS PPAL langsung didistribusikan kepada para purnawirawan TNI AL, untuk bantuan kesehatan, dan renovasi rumah, maupun dalam bentuk lainnya terutamanya tempat tinggal purnawirawan TNI AL yang tidak layak huni,” ujar Siwi.

Pada kesempatan itu, Sekjen PPAL Laksdya TNI Purn Dr. Agus Setiadji, S.A.P., M.A., menjelaskan tentang Majalah Jalasena yang sejak Mei 2022 bertransformasi menjadi Majalah Jalasena Admiralty yang dikemas lebih milenial, eye catching, dan artikel-artikel yang up date. Majalah itu bisa diakses secara online maupun cetak dan diharapkan menjadi bahan bacaan yang besar manfaatnya.

“Majalah ini juga diharapkan mampu menggelorakan kembali Indonesia sebagai negara maritim dan sebagai media informasi kemaritiman,” ungkap Agus.

Di tempat terpisah, baik Panglima Kolinlamil maupun Komandan Pushidrosal mengapresiasi terbitnya Majalah Jalasena Admiralty. Dengan adanya transformasi itu, Jalasena Admiralty lebih menarik dan kontennya banyak memberikan manfaat bagi banyak pihak.

Kepada Pengurus PPAL Pusat dan Ketua PPAL Wilayah Jakarta Brigjen TNI Mar (Purn) Budiharto Ma’ruf, Komandan Pushidrosal maupun Panglima Kolinlamil mempersilakan jika PPAL akan menyelenggarakan kegiatan olahraga bersama di wilayah kerjanya.

“Demikian juga jika PPAL akan menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD), bisa dilaksanakan di Pushidrosal,” ucap Laksdya TNI Nurhidayat.

Sementara itu, Waketum PPAL Laksdya TNI (Purn) Budhi Hardjo menyampaikan kepada Komandan Pushidrosal bahwa PPAL setiap tahun menerbitkan Buku “Maritime Review” yang diawali dengan pelaksanaan Focus Group Discussion terkait dengan masalah maritim. Buku tersebut merupakan sumbangan pemikiran PPAL kepada Kementerian/Lembaga.

Kunjungan kerja Ketum PPAL ke kedua Kotama di Jakarta untuk merajut kembali hubungan Kasal periode 2018-2020 dengan para Perwira Tinggi TNI AL itu diakhiri dengan foto bersama.

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com