Published On: Fri, May 26th, 2023

MERATUS CLC Bisa Jadi Percontohan Depo Peti Kemas

Meratus CLC di KBN Cakung Jakarta

Jakarta (Maritimnews) – MERATUS Container Logistics Center (CLC) sebagai integrator logistik darat dan maritim di Indonesia yang mengintegrasikan dua moda transportasi (darat dan laut), ditargetkan menjadi solusi yang lebih efisien serta hemat biaya bagi customers. Meratus Grup telah menunjukkan komitmennya dalam inovasi pelayanan berbasis customer centric,

Hal itu dikatakan CEO MERATUS, Farid Belbouab saat acara Grand Launching Meratus CLC KBN Cakung, Jakarta pada hari Kamis tanggal 25 Mei 2023, didampingi Direktur Utama PT Meratus Line Slamet Raharjo, Direktur Utama PT IPC Terminal Peti Kemas, Guna Mulyana dan Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Ir Subagiyo.

Farid Belbouab menjelaskan, MERATUS Group mengalokasikan investasi lebih dari 20 Juta USD di bidang infrastruktur logistik guna meluncurkan fasilitas CLC yang tidak hanya berada di kota-kota besar di pulau Jawa tapi hingga ke pelosok nusantara seperti di Kupang, Kendari, Bitung dan Makassar.

Termasuk upaya perluasan jaringan logistik darat ke wilayah Sulawesi, Kalimantan dan Nusa Tenggara yang menjadi sangat penting bagi perekonomian karena MERATUS Group memiliki misi untuk meningkatkan konektivitas logistik dan maritim sebagai operator maritim di Indonesia.

Direktur Utama PT IPC Terminal Peti Kemas, Guna Mulyana menyatakan apresiasi dan dukungan terhadap MERATUS CLC KBN Cakung, bahwa inovasi yang dikembangkan di Meratus Container Logistic Center dapat menjadi contoh bagi depo-depo lain, sehingga bersama-sama dapat berkolaborasi memperkuat ekosistem logistik di Jakarta, khususnya Pelabuhan Tanjung Priok.

Sedangkan Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Ir Subagiyo menyambut baik keberadaan MERATUS CLC di KBN Cakung dan berharap mampu mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan kualitas kinerja logistik di Indonesia.

Tahun 2023, terang Subagiyo, Logistics Performance Index (LPI) Indonesia mengalami penurunan sehingga kami harapkan MERATUS CLC KBN Cakung dapat menjadi salah satu alternatif dan sebagai upaya bersama dalam meningkatkan kualitas performa logistik dalam negeri.

Fasilitas & Standar Keamanan

MERATUS CLC KBN Cakung menerapkan standar keamanan tinggi bagi aktifitas semua elemen demi keselamatan, alat Pelindung Diri (APD) wajib digunakan ketika pertama memasuki area Depo.

Inovasi MERATUS CLC akan memangkas waktu proses administrasi agar efektif dan efisien, bahkan bagi para pelanggan disediakan lounge yang nyaman dan area merokok terpisah serta kebersihan di lingkungan CLC yang sangat diperhatikan.

Adapun fasilitas Depo Terpadu MERATUS di Kawasan Industri KBN Cakung memiliki luas lahan hingga 3,3 hektar di tahap awal akan secara khusus melayani kebutuhan kontainer logistik Main Line Operator (MLO) dalam melakukan kegiatan ekspor dan impor.

Selain kebutuhan ekspor-impor, Meratus CLC KBN Cakung juga menyediakan solusi menyeluruh mulai dari manajemen kontainer standar, hingga kegiatan bongkar muat, Refeer Plug, Repair Container, Washing Container, Reposition, dan Penyimpanan Container satu lokasi.

Berdasarkan pengalaman pelanggan yang prima, MERATUS CLC KBN Cakung yang dilengkapi auto-gate system dipastikan dapat mempercepat alur administrasi serta kemudahan akses tracking dari setiap kegiatan logistik di area Depo Petikemas Terpadu tersebut.

(Bayu Jagadsea/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com