Published On: Sun, Jul 3rd, 2016

Turun dari Kapal, Kemenhub Langsung Sediakan Bis DAMRI Gratis untuk Pemudik

Bis DAMRI di Pelabuhan

Bis DAMRI di Pelabuhan

MNOL, Semarang – Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaiknya bagi para pengguna jasa transportasi. Berbagai fasilitas dan kemudahan bagi masyarakat dalam memanfaatkan sarana transportasi khususnya yang terkait dengan Angkutan Lebaran 2016 terus diberikan oleh Kementerian Perhubungan agar masyarakat dapat menikmati silaturahmi Lebaran bersama keluarga di tempat tujuan dengan aman, nyaman dan selamat.

Salah satu terobosan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan adalah dengan mengintegrasikan layanan transportasi laut dengan moda darat dalam bentuk program Mudik Gratis dengan Bis.

Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Cris Kuntadi didampingi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Boedhi Setiadjid dan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas, Vikki Victor Subroto melepas keberangkatan para penumpang kapal KM Egon dengan 6 unit Bis DAMRI di pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah.

967 orang penumpang yang diangkut KM Egon yang tiba dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin tampak sangat antusias dengan adanya program Mudik Gratis dengan Bis ini. Hal tersebut terbukti dengan 6 unit kendaraan bis DAMRI yang disediakan dengan kapasitas 48 orang per bisnya langsung penuh oleh para penumpang yang langsung melakukan pendaftaran di lokasi.

Adapun 6 unit bis tersebut akan melayani penumpang dengan tujuan ke Demak, Kudus, Pati, Temanggung, Wonosobo, Solo, Yogyakarta, Kendal, Pekalongan dan Pemalang. Melihat antusias penumpang yang begitu besar dan keterbatasan bis untuk mengangkut penumpang tersebut Kementerian Perhubungan menyampaikan permohonan maaf dan menyarankan agar penumpang lainnya untuk mencari transportasi alternatif ke lokasi tujuan masing-masing.

Mudik Gratis dengan Bis ini telah dimulai sejak tanggal 29 Juni 2016 hingga tanggal 5 Juli 2016 yang merupakan hasil kerjasama KSOP Tanjung Emas, PT. Pelindo III cab. Tanjung Emas, PT. PELNI dan Perum DAMRI.

Cris Kuntadi menyampaikan 4 hal penting yang harus diperhatikan oleh para pengemudi bid DAMRI yaitu Keselamatan Penumpang, Keamanan Penumpang  Kenyamanan penumpang di dalam bis dan Kepatuhan berlalu lintas selama di perjalanan.

“Para pengemudi harus mengutamakan keselamatan penumpang. Jangan ugal-ugalan. Para penumpang harus mengingatkan pengemudi bila dirasakan sudah membahayakan keselamatan,” tegas Cris Kuntadi.

Lebih lanjut, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Boedhi Setiadjid menyampaikan bahwa Menteri Perhubungan beserta jajarannya selalu tegas menegakan aturan di bidang keselamatan tanpa kompromi.

“Tidak ada toleransi dalam penegakan keselamatan. Cek alat keselamatan sebelum berangkat. Pastikan sampai tujuan dengan selamat dan bertemu keluarga di rumah,”tegas Boedhi Setiadjid.

Hal ini tentu sejalan dengan pesan yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan yang menyatakan lebih baik tidak berangkat daripada tidak pernah sampai.

Sebagai informasi, jadwal berikutnya untuk angkutan Mudik Gratis dengan bis ini akan dilayani pada Hari Minggu 3 Juli 2016 pukul 16.00 bagi para penumpang kapal KM. Lawit asal Pontianak, Senin 4 Juli 2016 pukul 20.00 bagi para penumpang kapal KM Kelimutu asal Kumai dan Selasa 5 Juli 2016 pukul 07.00 bagi para penumpang kapal KM.Binaiya asal Sampit. (Bayu/MN)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha