Indonesia Hadiri Sidang ke-17 NIOHC di Kairo

Foto bersama para delegasi Sidang ke-17 NIOHC, Cairo Mesir.

MN, Kairo – Seiring dengan upaya meningkatkan kiprahnya baik di tingkat regional, nasional maupun internasional, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) sebagai Lembaga Hidrografi nasional mengajukan proposal untuk menjadi anggota North Indian Oceans Hydrographic Commission (NIOHC) mewakili pemerintah Republik Indonesia.

Guna mewujudkan hal tersebut,  Delegasi Indonesia  yang diwakili Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro dan Direktur Pengamanan dan Kerjasama Perbatasan (Dirpamkersamtas) Pushidrosal Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono menghadiri sidang North Indian Oceans Hydrographic Commission (NIOHC) di Cairo, Mesir, Kamis  (20/7).

Kehadiran personel Pushidrosal yang mewakili Indonesia tersebut sebagai observer dalam kegiatan sidang ke-17 NIOHC  yang berlangsung dari tanggal 17 hingga 20 Juli tersebut, berkaitan dengan proposal yang telah diajukan Pushidrosal untuk bergabung dalam NIOHC.

Pertemuan NIOHC ke-17 di Cairo Mesir ini diikuti beberapa negara di antaranya Bangladesh, Srilangka, India, Mesir, Myanmar, Saudi Arabia, Thailand dan Inggris (member), Prancis, Amerika Serikat, Mauritius, Oman (Assocciate Member), serta  Indonesia dan Russia sebagai Observer.  Selain itu, pertemuan tersebut juga diikuti oleh beberapa Organisasi Internasional seperti IHO, IALA, GEBCO, serta PERSGA. Salah satu pokok bahasan dalam sidang NIOHC ini adalah membahas tentang proposal Indonesia untuk bergabung dalam organisasi hidrografi di wilayah Samudera Hindia ini.

Dengan kehadiran Indonesia dalam sidang NIOHC ke-17,  Pushidrosal yang merupakan wakil dari Pemerintah Indonesia sebagai lembaga hidrografi nasional dapat turut berpartisipasi sebagai anggota NIOHC berdasarkan pertimbangan bahwa perairan Indonesia pada sisi barat dan selatan juga merupakan bagian dari Samudera Hindia sehingga Indonesia merupakan negara yang termasuk dalam kawasan Samudera Hindia.

Pushidrosal berharap dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pengembangan serta peningkatan peran NIOHC sebagai organisasi hidrografi dan oseanografi di wilayah regional Samudera Hindia, terutama terkait dengan pengalaman serta peran aktif Indonesia selama ini dalam organisasi hidrografi yang lainnya.

A.P Sulistiawan

Redaktur

Share
Published by
A.P Sulistiawan

Recent Posts

Gde Sumarjaya: Relokasi Kapal Non-tuna di Pelabuhan Benoa

Bali (Maritimnews) - Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih mendukung upaya PT Pelabuhan…

2 days ago

Kemenhub Terbitkan PM 7/2024 Tentang Harmonisasi Sistem Pemeriksaan dan Sertifikasi pada Kapal Berbendera Indonesia

Jakarta (Maritimnews) - Kementerian Perhubungan menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 7 Tahun…

3 days ago

Pelabuhan Sehat Petrokimia Disahkan KSOP Gresik

Gresik (Maritimnews) - Pelabuhan Petrokimia Gresik sah berpredikat sebagai pelabuhan Sehat sesuai dengan Peraturan Menteri…

6 days ago

Kemenhub Resmi Tutup Posko Angkutan Laut Lebaran 2024

Jakarta (Maritimnews) - Kementerian Perhubungan resmi resmi menutup Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024, Jumat…

6 days ago

Arus Penumpang Angleb 2024 Naik Signifikan di Pelabuhan Priok

Jakarta (Maritimnews) - Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan resmi menutup Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024,…

6 days ago

Pelabuhan Teluk Bayur Siap Layani Arus Mudik Lebaran 2024

Teluk Bayur (Maritimnews) - Pelabuhan Teluk Bayur telah melakukan berbagai kesiapan dalam menyambut libur Idul…

4 weeks ago