Categories: HLPariwisataTerbaru

Koarmabar Dukung Pemanfaatan Anak Sungai Ciliwung sebagai Tempat Wisata

Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia menyusuri anak Sungai Ciliwung

MN, Jakarta – Dalam rangka mendukung program Kali Bersih, Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat Laksda TNI Aan Kurnia,S.Sos., melaksanakan peninjauan ke kawasan anak Sungai Ciliwung untuk dijadikan kawasan wisata air.

Dengan menggunakan empat buah perahu karet, Pangarmabar didampingi Kasarmabar Laksmana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., serta para pejabat utama Koarmabar. Mereka melaksanakan peninjauan dengan menelusuri anak Sungai Ciliwung dimulai dari Pasar Baru hingga ke arah jembatan depan Hotel Golden Truly.

Untuk tahap awal, Pangarmabar merencanakan kawasan anak Sungai Ciliwung di sekitar Pasar Baru sepanjang 300 meter akan ditata sebagai pilot project untuk dijadikan kawasan wisata dan rekreasi air.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta akan menggandeng Koarmabar untuk bekerjasama dalam mewujudkan kawasan tersebut menjadi kawasan wisata air yang indah dan nyaman.

Dari hasil peninjauan yang dilaksanakan Koarmabar, beberapa kawasan aliran sungai terhambat dikarenakan masih banyaknya sampah serta terjadinya pendangkalan sehingga perlu dibersihkan secara terus menerus.

Sebagai aksi nyata dari program tersebut, Pangarmabar telah memerintahkan Kadispotmar Armabar untuk melaksanakan program pembersihan dan perapihan kawasan sungai di sekitar Pasar Baru. Selain itu, Koarmabar juga melaksanakan koordinasi dengan unsur terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Tata Kota Provinsi DKI Jakarta untuk bersama-sama membenahi kawasan sungai.

Direncanakan pada bulan Januari ini, Koarmabar akan menerjunkan prajuritnya untuk melaksanakan kegiatan pembersihan  anak Sungai Ciliwung sektor Pasar Baru  untuk membuat kawasan di sekitarnya menjadi rapih.

Selanjutnya, Koarmabar juga akan menggelar Lomba Dayung Perahu Karet antar satuan kerja Koarmabar di kawasan sungai Pasar Baru. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggugah masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan dalam rangka menciptakan kawasan sungai di Jakarta yang bersih dan nyaman.

(Anug/MN)

 

maritimnew

Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Share
Published by
maritimnew

Recent Posts

Gde Sumarjaya: Relokasi Kapal Non-tuna di Pelabuhan Benoa

Bali (Maritimnews) - Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih mendukung upaya PT Pelabuhan…

3 days ago

Kemenhub Terbitkan PM 7/2024 Tentang Harmonisasi Sistem Pemeriksaan dan Sertifikasi pada Kapal Berbendera Indonesia

Jakarta (Maritimnews) - Kementerian Perhubungan menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 7 Tahun…

3 days ago

Pelabuhan Sehat Petrokimia Disahkan KSOP Gresik

Gresik (Maritimnews) - Pelabuhan Petrokimia Gresik sah berpredikat sebagai pelabuhan Sehat sesuai dengan Peraturan Menteri…

6 days ago

Kemenhub Resmi Tutup Posko Angkutan Laut Lebaran 2024

Jakarta (Maritimnews) - Kementerian Perhubungan resmi resmi menutup Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024, Jumat…

6 days ago

Arus Penumpang Angleb 2024 Naik Signifikan di Pelabuhan Priok

Jakarta (Maritimnews) - Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan resmi menutup Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024,…

6 days ago

Pelabuhan Teluk Bayur Siap Layani Arus Mudik Lebaran 2024

Teluk Bayur (Maritimnews) - Pelabuhan Teluk Bayur telah melakukan berbagai kesiapan dalam menyambut libur Idul…

4 weeks ago