Published On: Wed, Aug 23rd, 2017

Bina Desa Pesisir, Yonif-7 Mar Pasang Lampung Hemat Energi

Marinir pasang lampu LED di rumah warga.

Marinir pasang lampu LED di rumah warga.

MN, Bandar Lampung – Dalam rangka pembinaan desa pesisir (Bindesir), segenap prajurit Batalyon Infanteri-7 Marinir (Yonif-7 Mar) membantu program Lamtera (Lampu Tentara Rakyat) dengan memasang lampu hemat energi di Pulau Tegal, wilayah Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Senin (21/08/2017).

Pulau Tegal selama ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang indah di Propinsi Lampung. Pulau dengan luas sekitar 98 hektar dan dihuni tidak kurang dari 35 Kepala keluarga (KK) merupakan wilayah Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Dengan tingkat penghasilan rendah dan rata-rata penduduknya berprofesi sebagai nelayan tradisional dan buruh.

Danyonif-7 Marinir Letkol Marinir Profs Dhegratmen, S.A, M.Tr Hanla , M.Tr Han., mengatakan bahwa program Lamtera ini dikhususkan bagi warga yang belum pernah mendapatkan suplai arus listrik. Menurutnya, lampu hemat energi tersebut dioperasikan dengan tenaga baterai atau accu, dan penggunaannya sangat sederhana dan murah.

“Harapan kami Program Lamtera ini dapat membantu masyarakat, sehingga malam harinya mereka sudah dapat menikmati penerangan. Hanya saja, ini diperuntukkan khusus membantu penerangan dan tidak dapat dipakai untuk menyalakan televisi, kulkas dan barang elektronik lainnya. Setiap rumah bisa dipasang lima lampu, untuk Accu yg tersedia dapat bertahan selama 1 bulan,” jelasnya.

Kami menaruh prihatin terhadap kondisi rumah warga yang belum dialiri listrik. Selain Pulau Tegal, kami juga akan merealisasikan program ini ke Desa Sukajaya Punduh, Desa yang juga sebagian rumah masyarakatnya belum teraliri listrik, tambah Danyonif-7 Mar tersebut.

Program Lamtera merupakan program alternatif hemat energi yang diciptakan oleh Bapak Ujang Koswara yang telah menemukan 70 penemuan listrik baru, Ia juga terkenal dengan sapaan Ujang Lampu.

Lampu hemat energi ini berupa bohlam LED terangnya setara bohlam 10 Watt konvensional di mana sumber kelistrikannya dari berasal dari accu. Bisa menerangi sampai satu bulan dengan menggunakan lima bola lampu khusus yang bisa tahan sampai 8 tahun, dan mampu dinyalakan dari malam hingga pagi hari. Setiap bulannya warga hanya mengeluarkan biaya 20 ribu rupiah untuk menambah daya baterai.

Letkol Profs juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu program ini, antara lain UPZ (Unit Pengumpul Zakat), Mabes TNI, Brigif-3 Marinir dan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) yang telah memberikan support kegiatan ini hingga terlaksana dengan sukses dan lancar.

Turut hadir dalam acara seremonial program Lampu Tentara Rakyat yaitu Sekretaris Bintal Mabes TNI Kolonel M. Zaid, Wadan Brigif-3 Marinir Letkol Mar Sulistyo Tri Yuliarto, Bupati Pesawaran diwakili Camat Teluk Pandan Yuliardi, Danramil Padang Cermin Kpt Ropi’i, Kapolsek Padang Cermin AKP Rusli, dan tokoh masyarakat lainnya.

Anugrah/MN

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com