Published On: Sun, Nov 26th, 2017

Amankan Pulau Terluar, KRI Teluk Bintuni Antarkan 900 Prajurit TNI AD

Saat pemeriksaan pasukan oleh inspektur upacara Pangdiv 1 Kostrad Mayjen TNI ainurrhman kepada 450 prajurit Yonif 323 Raider/Buaya Putih ketika upacara pelepasan Satgas Pamtas RI – PNG

Saat pemeriksaan pasukan oleh inspektur upacara Pangdiv 1 Kostrad Mayjen TNI ainurrhman kepada 450 prajurit Yonif 323 Raider/Buaya Putih ketika upacara pelepasan Satgas Pamtas RI – PNG

MN, Jakarta – Kapal Perang TNI Angkatan Laut dari jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), KRI Teluk Bintuni 520 untuk kesekian kalinya melaksanakan operasi pergeseran pasukan (serpas) yang kali ini melibatkan pasukan dari Batalyon Infateri (Yonif) 315/Garuda dan 323 Raider/Buaya Putih yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini.

KRI Teluk bintuni 520 yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya tersebut,  mengangkut lebih dari 900 pasukan dari kesatuan TNI-AD Yonif 315/Garuda Kujang Bogor dan 323 Raider/Buaya Putih dari Banjar yang berada di bawah Kodam III Siliwangi.

Pelepasan pasukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini ini, dilaksanakan dua kali pada tempat yang sama di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Rabu (22/11).

Pelepasan pertama 315 Yonif/Garuda dilakukan oleh Kasdam Siliwangi Brigjen TNI Yosua Pandit Sembiring, sedangkan pelepasan yonif 323 Raider/Buaya Putih oleh Panglima Divisi 1 Kostrad Mayjen TNI Ainurrahman didampingi Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Rakhmawanto, S.E., M.Si (Han)., yang mewakili Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksma TNI Yudo Margono, S.E.

Kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Yusuf Yanto ini, akan menurunkan pasukan yang bertugas menjaga perbatasan RI-Papua Nugini di Dermaga Jayapura, Papua.

Orang nomor satu di KRI Teluk Bintuni tersebut mengatakan bahwa kapal dan seluruh anak buah kapal dalam kondisi siap sehingga pada penugasan mendukung Serpas Satgas Pamtas RI–PNG Batalyon Raider 315/Garuda dan Batalyon Raider 323/Buaya Putih dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Begitu juga untuk perjalanan kembali dalam mendukung Serpas Batalyon lain yang selesai melaksanakan tugas kembali ke kesatuan awal diharapkan tidak terdapat suatu halangan.

Selain menurunkan pasukan di daerah operasi yang telah ditentukan, kapal perang tersebut juga akan menarik pasukan Satgas yang lama yakni Yonif Raider 503 yang digantikan Yonif raider 315 dan yonif Raider 310 yang digantikan Yonif Raider 323 Perbatasan RI-Papua Nugini yang telah bertugas selama delapan bulan untuk kembali ke kesatuan asal.

Pergeseran pasukan ke seluruh wilayah nusantara merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina tunggal sistem Angkutan Laut Militer. Selain mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah batas-batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran material dan logistik ke daerah-daerah rawan serta pulau-pulau terluar RI.

Kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) hingga memasuki penghujung tahun 2017 terus melaksanakan dukungan terhadap operasi pengamanan perbatasan (Pamtas), pengamanan wilayah pulau terluar (Pamputer), dan pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) melalui pergeseran pasukan (Serpas) maupun pergeseran logistik (Serlog), serta pergeseran material (Sermat).

Menurut Asrena Pangkolinlamil, hingga saat ini kapal perang Kolinlamil baik yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya maupun Jakarta terus mengerahkan dukungan kapal perangnya untuk melaksanakan Serpas, Sermat, maupun Serlog dalam menjaga Pamtas, Pamrahwan, maupun Pamputer dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) baik di wilayahTimur maupun Barat.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com