Published On: Wed, Jan 31st, 2018

Bangun Teknologi Berbasis Intelijen, BIN dan ITB Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Jenderal Polisi (Purn) Drs. Budi Gunawan, SH, MSi,PhD, saat memberikan sambutan dalam acara penandatanganan kerja sama formal di bidang teknolgi dengan Institut Teknologi Bandung (30/1).

Jenderal Polisi (Purn) Drs. Budi Gunawan, SH, MSi,PhD, saat memberikan sambutan dalam acara penandatanganan kerja sama formal di bidang teknolgi dengan Institut Teknologi Bandung (30/1).

MN, Bandung – Badan Intelijen Negara (BIN) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar kerja sama formal dalam pengembangan teknologi yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara dua institusi tersebut di Gedung Aula Timur Kampus Ganesha ITB, Rabu (31/01).

Hadir secara langsung di acara tersebut antara lain Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Drs. Budi Gunawan, SH, MSi,PhD, Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, serta para pejabat utama BIN.

Kehadiran Kepala BIN dan Rektor ITB di Gedung Aula Timur Kampus Ganesha ITB menandakan komitmen yang kuat antara BIN dan ITB untuk membangun kolaborasi dan kerjasama dalam pengembangan dan inovasi teknologi untuk kepentingan intelijen.

Dalam acara tersebut, terdapat Nota Kesepahaman beserta tiga dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Dokumen Nota Kesepahaman antara BIN dan ITB memuat komitmen kerja sama dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, riset inovasi, dan manajemen di bidang teknologi intelijen.

Secara lebih mendalam, Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menyampaikan bahwa setelah penandatangan Nota Kesepahaman tersebut, dilakukan pula penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk pengembangan produk dan riset inovasi dalam bidang teknologi intelijen.

PKS yang ditandatangani pada saat yang bersamaan dengan Nota Kesepahaman tersebut menunjukkan keseriusan kedua belah pihak dalam membangun sistem penunjang intelijen di Indonesia, khusus nya dengan memanfaatkan produk teknologi intelijen yang mutakhir dan inovatif.

Sebanyak 26 topik riset inovasi di ITB akan dikembangkan menjadi produk-produk yang mampu mendukung teknologi intelijen BIN, termasuk diantaranya teknologi telekomunikasi, sensor biologi, dan advanced material technology.

Sementara itu, dokumen kedua PKS tersebut memuat kolaborasi yang fokus pada kerjasama pengembangan delapan belas produk dan riset inovasi dalam bidang teknologi intelijen siber, seperti threat detection dan cyber forensic.

Selain kerjasama pengembangan produk, turut ditandatangani pula perjanjian kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia. Dalam PKS bidang pengembangan sumber daya manusia tersebut, terdapat delapan jenis pelatihan dalam bidang pengembangan sumber daya manusia yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dan kesiapan sumber daya di BIN dalam berbagai aspek, diantaranya teknologi siber, organisasi, dan big data analysis.

Acara menjadi semakin menarik dengan adanya demonstrasi inovasi teknologi berupa drone (UAV) dan big data analysis. Tim peneliti ITB berhasil mengembangkan teknologi drone radar yang mampu mendeteksi aktivitas penyadapan pada suatu lokasi tertentu secara akurat.

Sementara itu, Kazee intelligent sebagai produk dari big data analisys yang dikembangkan oleh ITB mampu memprediksi adanya potensi ancaman yang dimungkinkan muncul akibat dinamika sosial, budaya, ekonomi, politik, dan lain sebagainya, termasuk potensi ancaman ke depan beserta aktor yang terlibat di dalamnya yang terkait dengan maraknya peredaran berita bohong (hoax).

Agenda hari ini diakhiri dengan kegiatan makan siang bersama dan ramah tamah. Para tamu yang hadir juga disuguhi sederet pameran inovasi yang ditampilkan di sisi Selatan Gedung Aula Timur Kampus ITB.

Jajaran Pimpinan ITB, Ketua Senat Akademik dan anggotanya, Ketua Forum Guru Besar (FGB) dan sejumlah guru besar yang hadir, serta anggota Majelis Wali Amanat ITB Prof. Dr. Kuntoro Mangkusubroto turut serta berinteraksi dan berdiskusi bersama dengan Kepala BIN dan juga bersama pejabat-pejabat utama BIN yang hadir.

Acara pada hari ini semakin meriah dengan diiringi penampilan musik dan lagu dari Brass Band STIN yang memukau.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com