Published On: Sun, May 27th, 2018

Perdalam Pokok Informasi Pertahanan Maritim, Mahasiswa Unhan Kunjungi Pushidrosal

Foto bersama jajaran Pushidrosal dengan para mahasiswa dan pembimbing Universitas Pertahanan.

Foto bersama jajaran Pushidrosal dengan para mahasiswa dan pembimbing Universitas Pertahanan.

MN, Jakarta – Sejumlah tujuh belas orang mahasiswa Fakultas Keamanan Nasional Program Studi Keamanan Maritim Universitas Pertahanan (Unhan)  mengunjungi Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) di Mako Pushidrosal Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara, Rabu (24/5).

Dalam kunjungan tersebut, rombongan mahasiswa tersebut didampingi oleh tiga orang pembimbing dan diterima langsung oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro.

Pada kunjungan tersebut, rombongan mahasiswa Unhan menerima paparan dari Kepala Dinas Nautika Kolonel Laut (P) Dyan Primana Sobarudin tentang Peran Hidrografi dan Oseanografi dalam Mendukung Pembangunan dan Pengembangan Kemaritiman Indonesia di Anjungan Utama Pushidrosal.

Dijelaskannya, Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi, mempunyai tugas pokok yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun kepentingan umum, serta menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Posisi geografis Indonesia yang strategis, di mana terletak di antara dua benua dan dua samudera serta merupakan Sea Lane of Communication (SLOC) dan Sea Lane of Oil Trade (SLOT),  membutuhkan data  hidrografi dan oseanografi di seluruh perairan NKRI yang harus akurat, mutakhir, dan terpercaya. Data tersebut dapat dipergunakan untuk  kepentingan keselamatan pelayaran, mendukung pembangunan, dan pengembangan Kemaritiman Indonesia.

Guna mengetahui tugas masing-masing bagian dalam mendukung tugas pokok Pushidrosal, pada akhir kegiatan kunjungan ini, para mahasiswa berkesempatan mengunjungi beberapa bagian di Pushidrosal, di antaranya yaitu Dinas Pemetaan, Dinas Hidrografi, serta Hydrographic Data Centre (HDC), untuk menyaksikan demo dari kemampuan Hydrographic Data Center yang telah beroperasi sejak awal tahun 2017.

HDC sendiri merupakan cikal bakal Indonesian Marine Geospatial Information Center (IMAGIC)-MSDI yang merupakan kewajiban bagi negara anggota International Hydrographic Organization (IHO) untuk menyediakannya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google