Published On: Sat, Sep 29th, 2018

Gempa 7,7 SR di Sulteng, Quay Crane di Pelabuhan Pantoloan Rubuh

Crane rubuh akibat gempa

MN, Jakarta – Kementerian Perhubungan memastikan sejumlah fasilitas baik sarana dan prasana di Pelabuhan di wilayah Sulawesi Tengah mengalami kerusakan akibat Gempa berkekuatan 7,7 skala Richter (SR) yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat sore (28/9).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus H. Purnomo menjelaskan bahwa Pelabuhan Pantoloan di kota Palu mengalami kerusakan yang paling parah dibandingkan pelabuhan lainnya yakni fasilitas Quay Crane di Pelabuhan Pantoloan rubuh.

“Quay Crane di Pelabuhan Pantoloan rubuh dan layanan kepelabuhanan dihentikan menunggu hasil pengecekan lebih lanjut dilapangan,” terang Agus Purnomo dari Posko Khusus Pemantauan Gempa Sulawesi Tengah di Gedung Karsa Kementhub, Sabtu (29/9).

Sementara itu, laporan dari Pelabuhan Wani yang terletak di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah menyebutkan, terdapat beberapa bangunan dan dermaga mengalami kerusakan.

    KM Sabuk Nusantara 39

Bahkan kapal KM Sabuk Nusantara 39 yang sedang bersandar di Pelabuhan Wani terlempar dan terbawa arus sejauh 70 meter dari dermaga, akibat gelombang Tsunami yang menerjang wilayah tersebut.

Kemudian kerusakan akibat gempa berkekuatan 7,7 SR juga menimpa Pelabuhan Ogoamas sebagai pelabuhan Kemenhub yang terletak di Kabupaten Tolitoli. Retak di wilayah Talaud, mengakibatkan pergeseran dermaga ke sisi kanan sepanjang 3 cm.

Sedangkan laporan yang masuk ke Ditjen Perhubungan Laut, untuk Pelabuhan Ampana, Pelabuhan Luwuk, Pelabuhan Belang-Belang dan Pelabuhan Majene kondisinya baik dan tidak ada kerusakan akibat gempa berkekuatan 7,7 SR.

Untuk itu Dirjen Agus Purnomo meminta agar jajarannya (UPT) di lokasi gempa agar tetap waspada terhadap gempa susulan yang masih terjadi sewaktu-waktu dan menginstruksikan terus melakukan pengawasan dan pengecekan pasca gempa bumi di wilayah pelabuhan.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com