Published On: Tue, Jan 15th, 2019

Pemerintah Perketat Pengawasan Terhadap Kapal One Single Voyage Registration

Kapal berbendera Indonesia (foto:MI)

MN, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan perketat pengawasan terhadap permohonan pendaftaran bagi kapal berbendera Indonesia, khususnya kapal Convenience Flag atau yang didaftarkan dalam sistem satu kali jalan (One Single Voyage Registration).

Untuk itu Ditjen Perhubungan Laut menerbitkan Surat Edaran Nomor UM.003/1/8/DK-19 tanggal 9 Januari 2019 tentang Persyaratan Tambahan Penggantian Bendera untuk Kapal Berbendera Kemudahan dan Sistem Pendaftaran Kapal Satu Kali Jalan (Convenience Flag and One Single Voyage Registration) Menjadi Berbendera Indonesia.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Hubla, Capt Sudiono menjelaskan, saat ini banyak permohonan penggantian bendera kapal asing menjadi berbendera Indonesia, termasuk yang sebelumnya menggunakan pendaftaran kapal dengan Convenience Flag.

“Kami memberikan kemudahan bagi penggantian bendera kapal, tentu apabila kapal tersebut telah diakui oleh Biro Klasifikasi Indonesia atau anggota International Association of Classification Societies dengan melampirkan dokumen dan sertifikat klasifikasi,” terang Capt Sudiono di Jakarta, Senin (14/1).

Sedangkan bagi kapal asing yang sebelumnya pernah didaftarkan dalam sistem pendaftaran sekali jalan dan tidak terkena kewajiban klas, Pemerintah akan melakukan pemeriksaan ulang menyeluruh dan terperinci sehingga dipastikan kebenaran data sebelum dilakukan proses penggantian bendera.

“Kapal wajib memberikan surat pernyataan tentang kebenaran dokumen dan penjelasan yang logis tentang alasan apabila menggunakan bendera sekali jalan, termasuk dengan melampirkan dokumen Continuous Synopsis Record,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com