Published On: Fri, Feb 22nd, 2019

Antisipasi Pilpres 2019, Satlinlamil Surabaya Latihan Pasukan Huru Hara

Simulasi PHH Satlinlamil dalam rangka antisipasi pengamanan ajang Pilpres dan Pileg 2019.

Simulasi PHH Satlinlamil dalam rangka antisipasi pengamanan ajang Pilpres dan Pileg 2019.

MN, Surabaya – Sebagai langkah antisipasi munculnya gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama pesta ajang pilpres dan pileg berlangsung, Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya berinisiatif melaksanakan latihan penanggulangan huru hara di Mako Satlinlamil Surabaya, Jumat (22/2).

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Latihan Pertahanan Pangkalan yang merupakan salah satu materi dalam latihan pangkalan tingkat 1 dan 2 (P1 & P2) triwulan I tahun 2019. Hal ini sesuai dengan amanat Pangkolinlamil saat Rapat Staf dan Komando (Rasko) tahun 2019 di awal Februari yang lalu.

“Saya perintahkan kepada para komandan satuan dan Komandan Denma untuk melaksanakan latihan PHH, guna mengantisipasi gejolak yang mungkin akan timbul menjelang pesta demokrasi pilpres dan pilleg mendatang,”

Materi latihan PHH ini sendiri meliputi gerakan dasar dalam pembentukan formasi, bentuk formasi dalam pengendalian massa, dan diakhiri dengan simulasi penanggulangan kerusuhan serta pertolongan terhadap korban.

Masa demonstran yang diperankan oleh para prajurit Satlinlamil Surabaya juga, diskenariokan akan merangsek masuk ke dalam area Mako Satlinlamil Surabaya, namun dengan sigap Pasukan PHH berhasil menahan dan menekan mundur para demonstran. Korban yang timbul akibat saling dorong dan lemparan benda keras, diskenariokan segera mendapatkan pertolongan dari tim medis lapangan yang  telah disiapkan bersamaan dengan pasukan PHH tersebut.

Komandan Satlinlamil Surabaya,Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto, yang dalam latihan ini juga bertindak sebagai Papelat, mengaku bangga atas pencapaian tujuan latihan ini.

“Latihan ini memiliki makna penting karena dilatihkan menjelang pelaksanaan pilpres dan pilleg April mendatang,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga menyatakan kesiapan satuannya untuk memberikan bantuan kepada pemerintah daerah maupun Kepolisian RI  bila dibutuhkan. Demikian pula bila pasukan PHH satlinlamil Surabaya dibutuhkan sebagai perkuatan Pasukan PHH yang sudah terbentuk di Mako Kolinlamil Jakarta.

Pasukan PHH ini dapat diarahkan dalam rangka pelaksanaan tugas operasi TNI dalam bentuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sesuai amanat undang-undang, antara lain pengamanan obyek vital nasional, membantu tugas pemerintah di daerah, serta membantu Polri dalam keamanan dan ketertiban masyarakat.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google