Published On: Tue, Feb 19th, 2019

Ditjen Hubla Pacu Pelestarian Traditional Cruise

KLM tradisional

MN, Jakarta – Peningkatan perekonomian di daerah yang berbasis pada pariwisata khususnya wisata bahari di wilayah Republik Indonesia telah mendapat dukungan dari semua Kementerian maupun Lembaga negara.

Kementerian Perhubungan pun tak ketinggalan mensupport pariwisata sebagai leading sector pembangunan nasional. Oleh karenanya, Ditjen Perhubungan Laut bertekad mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan, integritas dan keselamatan transportasi laut.

Salah satunya berperan memacu keterlibatan masyarakat dalam pemanfaatan dan pelestarian akar budaya Kapal Layar Motor (KLM) tradisional sebagai daya tarik kapal wisata tradisional (traditional cruise).

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Hubla, Capt Sudiono mengatakan, regulasi yang digunakan pengoperasian KLM pengangkut wisatawan adalah Peraturan Dirjen Perhubungan Laut Nomor HK. 103/2/8/DJPL-17 tentang Petunjuk Kapal Tradisional Pengangkut Penumpang.

“Aturan diperkuat dengan terbitnya Surat Edaran Nomor 9/PK/DK tentang Kapal Layar Motor (KLM) Pengangkut Wisatawan pada tanggal 14 Februari 2019 kemarin,” ujar Sudiono di Jakarta, Senin (18/2).

Terbitnya surat edaran menjadi bukti keseriusan Pemerintah dalam mendukung pelestarian KLM pengangkut wisatawan dengan tetap memprioritaskan faktor keselamatan pelayaran termasuk persyaratan pengawakan.

Dalam surat edaran dimaksud disebutkan bahwa ketentuan pengawakan KLM pengangkut wisatawan yang berlayar ke laut harus diawaki oleh awak kapal yang memiliki minimal ijazah perwira sesuai ukuran kapal.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google