Published On: Mon, Feb 25th, 2019

KSOP Kepulauan Seribu Targetkan Diklat bagi 500 Pelaut Tradisional

Penandatanganan MoU Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Kepulauan Seribu

MN, Jakarta – Pelaksanaan Diklat pemberdayaan masyarakat pelaut tahun 2019 untuk wilayah Kepulauan Seribu ditargetkan diikuti sebanyak 500 orang pelaut tradisional terkait pemberian sertifikat SKK 30 dan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (KLM).

Adapun kegiatan Diklat pemberdayaan masyarakat tersebut akan dilaksanakan oleh Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu bersama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

Sebelum pelaksanaan diklat, pihak KSOP Kepulauan Seribu dan STIP Jakarta bersepakat menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada hari Senin tanggal 25 Februari 2019 di Ruang Maritim STIP Marunda Jakarta Utara.

“Kami sepakat merencanakan pelaksanaan kegiatan diklat untuk dimulai pada bulan Maret 2019,” jelas Kepala KSOP Kepulauan Seribu, Capt Herbert Marpaung kepada Maritimnews di Jakarta, Senin (25/2).

Saat ini masyarakat Kepulauan Seribu telah mendaftar secara online yang memenuhi persyaratan sebanyak 120 orang. Namun banyak juga mendaftar secara manual, sayangnya belum melengkapi persyaratan sehingga tidak bisa didaftarkan secara online oleh petugas.

Masyarakat yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan tidak dipungut biaya alias gratis, pelaksanaan kegiatan Diklat pemberdayaan masyarakat sepenuhnya ditanggung dalam penganggaran negara sesuai ketentuan berlaku.

“Nantinya masyarakat pelaut Kepulauan Seribu yang lulus diklat, berhak mendapatkan sertifikat SKK, Sertifikat BST dan buku pelaut untuk kapal penangkap ikan atau kapal tradisional,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google