Published On: Wed, Mar 6th, 2019

ASEAN MTWG Meeting ke-37 Bahas RoRo Dumai-Malaka

Delegasi Indonesia

MN, Singapura – Dalam agenda pertemuan ASEAN Maritime Transport Working Group (ASEAN MTWG) Meeting ke-37 di Singapura, salah satunya membahas perkembangan dari implementasi Rute RoRo Dumai-Malaka yang merupakan Pilot Project ASEAN Single Shipping Market (ASSM).

Delegasi Indonesia dipimpin Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Wisnu Handoko dengan anggota terdiri perwakilan Ditjen Perhubungan Laut dan Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, serta perwakilan dari Kementerian Luar Negeri.

Menurut Capt Wisnu, bahwa Indonesia telah melakukan pembahasan intensif terkait persiapan pengoperasian RoRo Dumai-Malaka sejak diselenggarakannya 2nd Join Task Force Meeting di Pekanbaru Indonesia pada bulan September tahun 2018 yang lalu.

Kedepan implementasi rute RoRo Dumai-Malaka dapat mengambil pelajaran dari RoRo Bitung-Davao/General Santos.

Misalnya di perbatasan Malaysia Utara dan Thailand Selatan, walaupun sudah terbentuk konektivitas angkutan darat lintas batas antara Malaysia dan Thailand, namun masih ditemui kendala terkait pelayanan Bea Cukai maupun perizinan.

Kendala terkait birokrasi lintas batas yang rumit, SOP Customs, Immigration, Quarantine and Security (CIQS) yang belum jelas, dan belum adanya peraturan tentang transportasi darat yang belum terharmonisasi dan belum berstandar.

Pertemuan ASEAN MTWG ke-37 yang digelar pada tanggal 5 – 7 Maret 2019 tersebut akan menindaklanjuti dan membahas lebih lanjut seluruh hasil pertemuan ASEAN Senior Transport Officials Meeting (STOM) ke-46 dan ASEAN Transport Minister Meeting (ATM) ke-24.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google