Published On: Tue, Mar 12th, 2019

IMTSI Lakukan Bakti Sosial Bangun MCK Kepada Korban Tsunami Selat Sunda

MCK hasil kegiatan sosial IMTSI

MN, Banten – Bencana Tsunami Selat Sunda yang melanda wilayah Banten dan Lampung pada 22 Desember 2018 lalu menelan ribuan korban jiwa dan kerusakan harta benda. Sehingga hal itu mengundang kepedulian dari berbagai pihak, baik secara individu maupun kolektif, termasuk organisasi kemahasiswaan untuk ikut simpati di dalamnya.

Pada 18-23 Februari 2019, Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (IMTSI) melakukan kegiatan sosial pembangunan MCK di lokasi dampak tsunami Selat Sunda, tepatnya di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Hal ini merupakan tindak lanjut dari aksi penggalangan dana yang dilakukan selama beberapa hari oleh  masing masing cabang yang tergabung dalam IMTSI.

Menurut Ketua Umum IMTSI Hendrik Sudarman, aksi penggalangan dana tersebut terkumpul sebesar Rp18 juta. Dana itu yang kemudian disalurkan untuk membangun MCK di daerah tempat dilaksanakannya bakti sosial.

“Karena melihat kebutuhan sarana buang air besar, mandi dan mencuci yang sangat urgent bagi para korban, makannya kami membikin MCK. Hal itu juga dibuktikan oleh antusias masyarakat dalam membantu proses pengerjaan MCK,” ujar Hendrik dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/3).

Aksi sosial IMTSI ini tidak terlepas dari peran serta mahasiswa teknik sipil seluruh Indonesia yang memiliki kepedulian terhadap sesama. Hal ini merupakan salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Selain itu bagi kami mahasiswa teknik sipil, ini menjadi salah satu bentuk implementasi ilmu yang kami pelajari dalam perkuliahan,” tegas mahasiswa asal USN Kolaka tersebut.

Aksi sosial ini menjadi salah satu program kerja dari IMTSI masa pengabdian tahun 2019-2020. Ketua Umum pun menghimbau kepada seluruh mahasiswa teknik sipil untuk terus berkarya dan membantu masyarakat demi terwujudnya Indonesia yang maju dan sejahtera.

“Kepada seluruh mahasiswa teknik sipil di manapun berada teruslah mengabdi untuk negeri kita, negeri yang baldatun thoyibatun wa rabbun ghafur,” pungkas Hendrik.

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google