Published On: Thu, Mar 7th, 2019

Ini Agenda Penting ASEAN MTWG ke-37 Singapore

Pertemuan negara ASEAN di Singapura

MN, Singapura – Memasuki hari kedua pertemuan ASEAN Maritime Transport Working Group (ASEAN MTWG) Meeting ke-37 Singapura tanggal 5 – 7 Maret 2019 dibahas agenda penting dan beberapa usulan negara peserta sidang pertemuan kemaritiman tersebut.

Agenda terdiri konsep Same Risk Area, konsep Green Ship Strategy di ASEAN, penerapan penggunaan bahan bakar di kapal berkandungan sulfur maksimal 0,5% (Sulfur CAP) yang ditargetkan berlaku 1 Januari 2020, dan implementasi Rute RoRo Dumai-Malaka.

Selain Rute RoRo Dumai-Malaka, delegasi Indonesia yang dipimpin Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Wisnu Handoko, terlibat pembahasan tahapan pembebasan penerapan Konvensi Management Air Ballas atau Ballast Water Management (BWM) di Indonesia, Malaysia dan Singapura atau Same Risk Area.

Capt Wisnu berharap nantinya kesepakatan di ASEAN MTWG ke-37 mampu memberikan manfaat bagi industri pelayaran, kapal-kapal yang beroperasi di wilayah perairan ketiga negara (Indonesia, Malaysia, Singapura) harus bebas dari penerapan Konvensi BWM.

Kemudian delegasi Indonesia juga menyampaikan usulan dan kemajuan kerjasama di bidang transportasi, termasuk kerjasama peningkatan capacity building yang dilakukan oleh International Maritime Organization (IMO), Jepang, China dan Korea Selatan.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan IMO yang hadir menyampaikan jalinan kerjasama dengan negara-negara ASEAN selama setahun terakhir, seperti pelatihan dan penyelenggaraan workshop termasuk yang dilaksanakan di Indonesia.

Pada pertemuan ASEAN MTWG ke-37 Singapore, IMO mendorong negara anggota ASEAN untuk meratifikasi konvensi-konvensi IMO lainnya yang selama ini belum diratifikasi oleh negara-negara ASEAN.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google