Published On: Sat, Apr 13th, 2019

Bedah Buku karya Ansel Alaman: Upaya Memadu Tol Laut dan Darat

Acara bedah buku “Memadu Tol Darat dan Laut Menggugah Keadilan Distributif dan Komutatif” 

MN, Jakarta – Bedah buku “Memadu Tol Darat dan Laut Menggugah Keadilan Distributif dan Komutatif” karya Ansel Alaman, mencatat pentingnya disparitas, konektivitas serta luas wilayah Indonesia sebagai dasar untuk memadukan fungsi tol darat dan tol laut.

Hadir pada bedah buku tersebut di Cafe Paradigma Jakarta, Jumat (12/4), Akademisi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Raja Oloan Saut Gurnin, Wakil Ketua APTRINDO Kyatmaja Lookman, Direktur Usaha PT PELNI Harry Budiarto serta DPP ALFI/ILFA.

Karya tulis ini menjelaskan kebijakan yang berjalan di sektor maritim pada empat tahun terakhir, mulai sektor anggaran, posisi bargaining Pemerintah dengan Legislatif, termasuk menyoroti infrastruktur dasar dan transportasi yang menjadi public goods as public service.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO), Kyatmaja Lukman memaparkan, bahwa tol laut tidak bisa dilepaskan dengan jalur angkutan darat. Apa yang dilakukan Pemerintah, seperti pemanfaatan jalur tol darat namun kenyataannya memang belum maksimal.

APTRINDO berharap terdapat lokasi kluster-kluster gudang yang dilalui di sepanjang Jalan Tol. Sehingga muatan kendaraan yang lewat tidak harus kendaraan besar, tetapi juga kendaraan pengumpul yang mendistribusikan lewat kluster pergudangan.

Akademisi dari ITS, Saut Gurning menyambut baik karya Ansel Alaman. Menurutnya, program tol laut telah berperan menekan disparitas harga. Kedepan masih dibutuhkan upaya bersama, guna menyatukan program tol laut dan darat.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com