Published On: Tue, Apr 16th, 2019

Kapal Pelra Hibah Kemenhub Dukung Logistik Pemilu

Kapal pelayaran rakyat

MN, Jakarta – Keberadaan kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) menjadi penting untuk konektivitas angkutan perairan yang tidak dapat dijangkau kapal berukuran besar. Sebut saja di Bangka Selatan pada hari Minggu (14/4), kapal Pelra berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kapal Pelra KM Banawa Nusantara 2 yang dihibahkan Kementerian Perhubungan tahun 2018 kepada Pemda setempat, turut serta pendistribusian logistik Pemilu seperti kotak, bilik, dan kertas suara serta logistik lainnya ke wilayah Terpencil, Terdepan, Tertinggal dan Pedalaman di Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut, Capt Wisnu Handoko, petugas memanfaatkan kapal Pelra guna mendistribusikan keperluan Pemilu di 2 (dua) kecamatan kecil dan terdepan yaitu kecamatan Lepar Pongok dan Kepulauan Pongok yang hanya bisa dijangkau kapal kecil.

“Pengiriman kotak dan suara menggunakan kapal Pelra KM Banawa Nusantara 2 mendapat pengawalan dari jajaran Polres Bangka Selatan,” jelas Capt Wisnu kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/4).

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan pada tahun anggaran 2018 telah membangun sebanyak 94 kapal Pelra ukuran GT 35. Kemudian dari 46 unit yang rampung, diserahkan secara simbolik 12 kapal ke Pemerintah Daerah pada Senin (15/4), di Surabaya Jawa Timur. Sisanya 48 kapal akan diserahkan dalam waktu dekat.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google