Published On: Tue, Apr 2nd, 2019

Pemerintah Apresiasi Komitmen INAMPA “Kuasai” Selat Malaka

Pengurus DPWK INAMPA Kepri dan ASEAN

MN, Batam – Selat Malaka memiliki peran strategis secara nasional maupun internasional, terutama sektor perdagangan. Pemerintah pun mengapresiasi dukungan Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) terkait aspek keselamatan di perairan tersebut.

Selat Malaka dan Selat Singapura sebagai salah satu selat tersibuk di dunia dengan arus lalu lintas kapal mencapai kurang lebih 200 kapal besar per-hari.

Kondisi geografis Selat Malaka yang menghubungkan Laut Cina Selatan dengan Laut Andaman-Teluk Bengala-Samudera India bisa menyebabkan kondisi cuaca berubah ekstrim, sehingga kapal berpotensi tubrukan atau kandas.

Hari ini Pemerintah melalui Kemenhub apresiasi atas terbentuknya Dewan Pengurus Wilayah Khusus (DPWK) INAMPA Kepulauan Riau dan ASEAN untuk “menguasai” perairan dalam rangka mendukung keselamatan pelayaran.

Dirjen Perhubungan Laut diwakili Direktur Kepelabuhanan, M Tohir melantik dan mengukuhkan DPWK INAMPA Kepulauan Riau dan ASEAN di Ibis Style Hotel Batam, Selasa (2/4).

Pelantikan ditandai penyerahan bendera INAMPA dari Kemenhub kepada DPWK Kepri dan ASEAN yang turut disaksikan oleh Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun.

Wilayah Kepri menjadi fokus kerja INAMPA serta akan mendukung program Pemerintah tentang pemanduan Selat Malaka dan Selat Singapura, khususnya upaya peningkatan keselamatan dan keamanan pelayaran, serta perlindungan lingkungan maritim.

Seperti diketahui Pemerintah secara resmi telah melaksanakan pemanduan di Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura sejak tanggal 10 April 2017, yang dalam pelaksanaannya memberikan pelimpahan pemanduan kepada PT Pelindo 1 (Persero).

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google