Published On: Fri, Apr 5th, 2019

UPP Tual Gelar DPM Bagi 250 Nelayan dan Awak Kapal

Program DPM di KUPP Tual

MN, Tual – Kementerian Perhubungan terus berupaya memberikan program pendidikan dan pelatihan secara gratis melalui Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM), khususnya bagi awak kapal dan nelayan dengan Kapal Layar Motor serta Kapal Tradisional seluruh Indonesia.

Program diklat yang diberikan Pemerintah meliputi pelatihan Basic Safety Training (BST) khusus Kapal Layar Motor dan Diklat Kapal Tradisional Penangkap Ikan di bawah GT 35 dengan Daerah Pelayaran Maksimal 60 mil untuk Bagian Dek dan Bagian Mesin.

Materi DPM Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub diberikan tidak hanya untuk masyarakat dan nelayan wilayah barat, juga di timur Indonesia. Sehingga akan tercipta peningkatan daya saing masyarakat, salah satunya di wilayah Tual, Maluku.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tual, Yahya Usia menerangkan, bahwa kegiatan DPM di UPP Tual pada tanggal 4 – 8 April 2019 diikuti 250 orang berasal dari berbagai lokasi antara lain Kecamatan Pulau Dullah Utara, Pulau Dullah Selatan, Tayando Tam, Pulau-Pulau Kur, dan Kur Selatan.

KUPP Tual bertindak sebagai pihak penerima berkas dan verifikator seleksi administrasi calon peserta DPM Kapal Layar Motor dan penerbit sertifikat Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 Mil bagi Pelaut Kapal Tradisional, bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong.

Pihak BP2IP Sorong sebagai penyelenggara dan penerbit sertifikat keterampilan pelaut (Certificate of Proficiencies) bagi peserta diklat yang sudah dinyatakan lulus diklat.

Sebelum kegiatan DPM, KUPP Kelas II Tual sendiri telah melakukan pembagian pas kecil untuk kapal dibawah GT 7 serta melaksanakan pelayanan sertifikasi, pengukuran pendaftaran dan status hukum kapal kepada para nelayan di wilayah kerjanya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google