Published On: Wed, May 1st, 2019

Uji Petik Kapal Penumpang di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun

Pemeriksaan life jackets

MN, TBK – Setelah pelabuhan Muara Angke dan Kendari, Ditjen Perhubungan Laut melakukan Uji Petik atau pemeriksaan kelaiklautan kapal di Tanjung Balai Karimun, Selasa (30/4), dalam rangka zero accident khususnya saat musim penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun 2019.

Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun Junaidi mengatakan, bahwa dengan kegiatan Uji Petik, arus mudik dan balik pada angkutan laut Lebaran tahun 2019 akan dapat berjalan aman, selamat, tertib dan nyaman.

Junaidi berharap melalui uji petik baik di Tanjung Balai Karimun maupun di pelabuhan lain dapat tercipta sinergi antara Kantor Pusat dengan Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah, untuk meningkatkan pengawasan dan mewujudkan keselamatan pelayaran.

Tim Uji Petik dari Kantor Pusat Ditjen Perhubungan Laut dipimpin oleh Kepala Sub Direktorat Keselamatan Kapal, Capt Sidrotul Muntaha melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal di pelabuhan Roro Parit Rempak, pelabuhan KPK dan pelabuhan Domestik. Adapun total kapal yang diuji petik sebanyak 5 unit kapal.

Kegiatan diawali di atas KMP Kundur, kapal Roro tujuan Karimun-Tanjungpinang. Kemudian dilanjutkan ke kapal KMP Kakap yang melayani rute Karimun-Selat Beliah. Selanjutnya, tim bergerak ke pelabuhan KPK melakukan pengecekan 2 kapal yang melayari antar pulau, dan uji petik berakhir di kapal MV Dumai Express yang sandar di Pelabuhan Domestik.

Dari pemeriksaan tersebut, tim Uji Petik menyatakan bahwa secara umum kondisi kapal penumpang di Tanjung Balai Karimun dalam keadaan baik dan laik laut, walaupun terdapat temuan minor yang perlu rekomendasi untuk segera dilengkapi dan diperbaiki sebelum batas waktu tanggal 24 Mei 2019.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google