Published On: Thu, Aug 8th, 2019

Sharing Knowledge dan Pelatihan Jadi Fokus RFC Ke-38 Penang

Dirjen Hubla Agus H Purnomo memimpin delegasi Indonesia dalam Pertemuan Tahunan RFC ke-38 di Penang, Malaysia

MN, Jakarta – Dalam pertemuan tahunan Revolving Fund Committee (RFC) ke-38 Penang, Malaysia, pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2019, sharing knowledge menjadi fokus Indonesia, Malaysia, dan Singapura sebagai negara yang berkepentingan terhadap Selat Malaka.

Sharing knowledge dan berbagi pengalaman merupakan target pertemuan tahunan RFC selanjutnya, termasuk mengedepankan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) kemaritiman melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan.

“Selain sharing knowledge, pertemuan RFC juga memutuskan kegiatan pendidikan dan pelatihan bersama, guna meningkatkan kemampuan SDM yang akan dilaksanakan pada tahun berjalan maupun tahun depan,” jelas Direktur KPLP, Ahmad kepada Maritimnews di Jakarta, Kamis (8/8).

Rapat tahunan RFC ke-38, Delegasi Indonesia yang dipimpin Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus H Purnomo didampingi Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad mengapresiasi Komite RFC selaku pengelola dana bergulir RFC sejak tahun 1981.

Menurut Ahmad, kegiatan peningkatan SDM ketiga negara yang akan dilaksanakan, salah satunya adalah menghadiri International Chemical and Oil Pollution Conference and Exhibition yang akan digelar di Singapura pada bulan Oktober 2019.

Sedangkan untuk kegiatan tahun 2020 mendatang, terkait rencana pelaksanaan workshop dan latihan kering/table top exercise penanggulangan tumpahan minyak di laut yang bakal dilaksanakan di negara Malaysia.

Saat pertemuan RFC ke-38 di Penang, Pemerintah Indonesia melalui Dirjen Perhubungan Laut menegaskan, bahwa RFC telah bermanfaat bagi ketiga negara pantai (Indonesia, Malaysia dan Singapura) dengan memakai dana sesuai peruntukannya.

Seperti diketahui, RFC dibentuk berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani tanggal 11 Februari 1981 oleh Pemerintah Indonesia, Malaysia dan Singapura di satu pihak dan The Malacca Straits Council (MSC) atas nama Asosiasi-asosiasi non-pemerintah Jepang di pihak lainnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google