Published On: Fri, Sep 13th, 2019

KSOP Sorong Gelar Bersih Pantai dan Laut di Pulau Doom Papua Barat

Kegiatan bersih laut dan pantai di Sorong

MN, Sorong – Dalam rangka Harhubnas 2019, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Sorong menggelar kegiatan bersih laut dan pantai di pulau Doom Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong Provinsi Papua Barat yang diikuti berbagai relawan, instansi, dan masyarakat.

“Untuk di kota sorong, kita pusatkan di Pulau Doom dan pelabuhan rakyat. Kalau di Pulau Doom, peserta yang terlibat sekitar 800 orang termasuk TNI, Polri dan mahasiswa/pelajar,” jelas Kepala KSOP Kelas I Sorong, Takwim Masuku kepada Maritimnews, Kamis (12/9).

Adapun sampah yang berhasil didapat kurang lebih sebanyak 18 ton dari pantai dan laut dengan dukungan Tim selam dari KSOP Sorong bersama Direktorat Pol Air Polda Papua Barat sebanyak 25 orang penyelam.

Sampah tersebut kemudian diangkut menggunakan kapal rede tradisional untuk kemudian ditampung diatas kapal negara milik navigasi (KN Pradawana), dan dibawa ke pelabuhan Sorong yang selanjutnya diangkut oleh Dinas Kebersihan Kota Sorong ke TPA Makbon, Sorong.

“Kementerian Perhubungan telah menargetkan pengurangan sampah di laut hingga 70% pada tahun 2025, agar mengurangi dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan laut dan pantai,” pungkasnya.

Selesai acara bersih-bersih laut dan pantai di area Pulau Doom, pihak KSOP Kelas I Sorong melaksanakan pembagian sejumlah door prize kepada masyarakat serta penyerahan Pas Kecil secara gratis kepada 86 pemilik kapal speed boat/ longboat trayek Sorong – Doom.

Seperti diketahui, bahwa kedepan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub akan membuat SOP bagi seluruh kapal agar tidak membuang sampah di laut. Selain itu juga sampah plastik harus bisa didaur ulang agar tidak berbahaya sebelum dimusnahkan.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google