Published On: Fri, Sep 6th, 2019

SIPARIBAN Integrasi Seluruh Aplikasi di Pelabuhan Belawan

Launching aplikasi SIPARIBAN oleh Kantor OP Belawan

MN, Medan – Aplikasi Sistem Penyandaran Kapal di Pelabuhan Belawan (SIPARIBAN) 1.0 diluncurkan Ditjen Perhubungan Laut melalui Kantor OP Utama Belawan, bertujuan mengintegrasikan seluruh aplikasi yang dimiliki stakeholder pelayanan kapal dan barang di Belawan.

SIPARIBAN merupakan aplikasi berbasis website, yang akan memudahkan para stakeholder mengakses aplikasi penyandaran kapal, melalui komputer dapat dengan mudah menerima data penyandaran kapal tanpa harus mengeluarkan biaya datang ke Kantor OP Belawan.

“Digitalisasi pelayanan yang dilakukan Kementerian Perhubungan merupakan wujud dari industri 4.0, khususnya bidang perhubungan yang mengharuskan pelayanan cepat, tepat dan terintegrasi,” kata Kepala Kantor OP Utama Belawan, Jece Jece Julita Piris saat peluncuran SIPARIBAN di Medan, Kamis (5/9).

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Sugeng Wibowo yang hadir di acara peluncuran aplikasi tersebut menambahkan, bahwa Ditjen Perhubungan Laut selaku regulator berkeinginan memudahkan pelayanan bagi stakeholders agar efektifitas, efisiensi dan akuntabilitas penyandaran kapal meningkat.

Dalam aplikasi SIPARIBAN disuguhkan informasi pelayanan kapal di pelabuhan Belawan, seperti daftar Kapal-kapal yang sedang sandar, Kapal-kapal yang menunggu untuk disandarkan, Data dermaga yang siap untuk sandar, Waktu Tunggu Kapal dan Waktu estimasi sandar kapal di dermaga.

“Seluruh informasi pelayanan kapal dapat dilihat secara real-time oleh masyarakat dan stakeholder di pelabuhan Belawan sebagai bentuk keterbukaan publik atas informasi oleh Kantor OP Utama Belawan,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>