Published On: Thu, Sep 5th, 2019

HAPI PAPE Diterapkan di TUKS Milik KBS

Peluncuran secara resmi HAPI PAPE di TUKS milik KBS

MN, Cilegon – Peningkatan pelayanan kepelabuhanan dan pelayaran harus mengikuti perkembangan teknologi informasi yang sangat dinamis di era digitalisasi, antara lain dapat mendukung kinerja Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) di pelabuhan Banten.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten, Herwanto saat peluncuran Harmonisasi Pemanfaatan Inaportnet pada Kegiatan Pelayanan Kepelabuhanan (HAPI PAPE) di Cilegon, Kamis (5/9).

Launching di TUKS PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) merupakan tindak lanjut dari uji coba dan sosialisasi penerapan HAPI PAPE bagi kegiatan pelayaran kapal di wilayah Banten beberapa waktu lalu, tujuannya agar stakeholders mendapatkan gambaran positif.

Herwanto menjelaskan, ketika pelaksanaan uji coba pada tanggal 1 Agustus 2019 pada kapal MV China Pioneer dengan perusahaan pelayaran PT ITL, maka TUKS milik KBS telah dipilih sebagai pilot project karena dianggap memiliki sistem yang memadai.

Adapun penerapan HAPI PAPE akan diterapkan secara bertahap di 57 TUKS di Banten. Saat ini tercatat 5 TUKS yang dinilai cukup siap menjalani sistem Inaportnet. Setelah KBS, penerapan bagi TUKS lainnya ditargetkan mulai diberlakukan pada tahun 2020 mendatang.

“HAPI PAPE diharapkan menjadi babak baru pemanfaatan lnaportnet di pelabuhan Banten, khususnya untuk pelayanan kapal yang digunakan TUKS-TUKS karena cukup melalui Aplikasi,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google