Published On: Fri, Dec 20th, 2019

Hadapi Nataru, Terminal Penumpang Pelabuhan Kuala Tungkal Punya X-Ray

Kegiatan angkutan laut di pelabuhan Kuala Tungkal

MN, Jambi – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kuala Tangkal meningkatkan koordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait di pelabuhan, dalam rangka kelancaran Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di pelabuhan Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi.
.
Koordinasi tersebut dilaksanakan melalui Posko Angkutan Nataru pelabuhan Kuala Tungkal yang dibuka sejak sejak tanggal 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 mendatang. Adapun personel Posko melibatkan Dinas Perhubungan, TNI-AL, Kepolisian, Polair, Bea dan Cukai, Karantina, dan Pelindo II.

Kepala KSOP Kelas IV Prayitno mengatakan, meski jumlah penumpang tak naik signifikan seperti pada masa Angkutan Lebaran, namun pihaknya tetap mengantisipasi dan mengawasi demi keselamatan pelayaran. Apalagi Kuala Tungkal merupakan satu-satunya pelabuhan di Provinsi Jambi yang melayani angkutan penumpang.

Saat ini sebanyak 4 (empat) unit kapal beroperasi di Pelabuhan Kuala Tungkal melayani Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 telah Uji Petik oleh Marine Inspector yakni KMP Senangin tujuan Dabo Singkep, KMP Satria Pratama tujuan Batam, kapal cepat SB Kurnia II dan SB Rizki Putra dengan tujuan Kuala Enok.

Sementara itu guna mendukung Posko Angkutan Nataru, pihak Bea Cukai telah memberikan bantuan X-Ray di terminal penumpang guna memudahkan pemeriksaan barang, termasuk terhadap barang terlarang narkoba karena memang penyelundupan narkoba menjadi salah satu titik kerawanan yang patut diwaspadai bersama.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>