Published On: Rab, Feb 12th, 2020

Sea and Coast Guard, Ditjen Hubla Diminta Jalankan Amanat UU 17/2008 Tentang Pelayaran

Laksda TNI (Purn) Soleman B Ponto

MN, Jakarta – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut diminta menjalankan amanat yang tertuang dalam UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, dimana Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) atau Sea and Coast Guard adalah satu-satunya lembaga penegak hukum keselamatan dan keamanan pelayaran.

Laksda TNI (Purn) Soleman B Ponto menegaskan hal tersebut ketika menjadi pembicara pada diskusi di lingkungan Kantor Pangkalan PLP Tanjung Priok, bahwa Kementerian Perhubungan merupakan lembaga yang mendapat amanat sebagai penegak hukum keselamatan dan keamanan pelayaran sebagaimana bunyi UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

Soleman Ponto memperlihat UU Nomor 17 Tahun 2008 BAB XVI tentang Penjagaan Laut Dan Pantai (Sea And Coast Guard) pada pasal 276 menyebutkan pada ayat (1) Untuk menjamin terselenggaranya keselamatan dan keamanan di laut dilaksanakan fungsi penjagaan dan penegakan peraturan perundang-undangan di laut dan pantai. Pada ayat (2) Pelaksanaan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh penjaga laut dan pantai. (3) Penjaga laut dan pantai sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dibentuk dan bertanggung jawab kepada Presiden dan secara teknis operasional dilaksanakan oleh Menteri.

Dalam hal ini Menteri dimaksud adalah Menteri Perhubungan yang tertuang pada Bab I Ketentuan Umum Undang Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran.

Sedangkan terkait bidang tugasnya mengenai ketentuan keselamatan dan keamanan pelayaran, Soleman Ponto menyebutkan tertera pada BAB VIII Keselamatan Dan Keamanan Pelayaran, Bagian Kesatu Umum Pasal 116 yakni (1) Keselamatan dan keamanan pelayaran meliputi keselamatan dan keamanan angkutan di perairan, pelabuhan, serta perlindungan lingkungan maritim.

Dalam paparan di Kantor Pangkalan PLP Tanjung Priok pada awal bulan Februari 2020 lalu, Laksda TNI (Purn) Soleman B Ponto membawa dua materi. Materi pertama tentang Perbandingan US Coast Guard dan Indonesia Coast Guard. Materi kedua, tentang Sea And Coast Guard Pendukung Transportasi Laut.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google