Published On: Wed, Jun 17th, 2020

Kaji Ancaman Pertahanan Laut 5 Tahun Ke Depan, Seskoal Kembali Gelar Forum Diskusi

Forum Diskusi Strategi IV Seskoal.

Forum Diskusi Strategi IV Seskoal.

MN, Jakarta – Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) menggelar Forum Strategi IV menggelar Forum Strategi IV di Ruang Kelas A Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (17/6).

Forum yang diikuti 175 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg)  ini mengambil tema “Penggelaran kekuatan TNI AL di Selat Malaka dan ALKI Guna Menghadapi Ancaman Lima Tahun ke Depan Dalam Rangka Mewujudkan Pertahanan Negara di Laut”.

Pada kesempatan ini, Ketua Forum Strategi IV Mayor Laut (P) Herwanto, S.E., M.M., didampingi Wakil Ketua Mayor Laut (P) Priyanto Widodo, S.E., dan Sekertaris Mayor Laut (E) Arief Brahma N., S.E., memaparkan pembahasan Seminar Forum Strategi IV mengenai konsep penggelaran kekuatan TNI AL guna menghadapi ancaman narkoba, IUU Fishing, Terorisme dan Iliicit Arm Trafficking lima tahun ke depan di perairan Selat Malaka, ALKI dengan memanfaatkan Sumber Daya Nasional (Sumdanas), serta pembangunan kekuatan dan kemampuan yang telah dirumuskan pada kegiatan Seminar Forum Strategi I, II, dan III.

Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Seskoal Kolonel Laut (P) Rubiyantoro Murniawan, M.M., M.Tr.Opsla., selaku penanggungjawab kegiatan ini menyampaikan maksud dari kegiatan Seminar Forum Strategi IV adalah Memberikan pengalaman dan latihan kepada para Perwira Siswa dalam menyusun rencana gelar kekuatan TNI AL berdasarkan dari hasil kegiatan Forum Strategi I, II dan III. Sedangkan tujuannya adalah agar Perwira Siswa mampu merumuskan rencana pengelaran (permanen dan manuver) dan penyebaran kekuatan laut guna menghadapi ancaman lima tahun ke depan.

Selesai paparan oleh Ketua Seminar, dilanjutkan Sidang Pleno I untuk menyusun naskah tiap Komisi. Dalam Forum Strategi IV ini, Pasis dibagi menjadi enam Komisi untuk membahas sesuai tema yang telah ditentukan. Pada pelaksanaan sidang Komisi, Pasis didampingi oleh Dosen/Perwira Pendamping dalam diskusi merumuskan naskah yang akan dipaparkan pada Sidang Pleno II.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>