Published On: Wed, Sep 9th, 2020

Jadi Garda Terdepan Tanah Air, Pangkoarmada II Brief Satgasmar Ambalat XXVI TA 2020

Pangkoarmada II Brief Satgasmar Ambalat XXVI TA 2020.

Pangkoarmada II Brief Satgasmar Ambalat XXVI TA 2020.

MN, Surabaya – Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto memberi briefing dan melepas keberangkatan Satgasmar Ambalat XXVI TA. 2020 dari Batalyon 3 Marinir yang akan melaksanakan penugasan pengamanan perbatasan RI- Malaysia (Ambalat) bertempat di Indoor Sport Mako Koarmada II pada Selasa (8/9).

Dengan didampingi Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, Pangkoarmada II menyampaikan rasa bangga menerima BKO prajurit Marinir ke Koarmada II yang nantinya secara kendali taktis akan dipercayakan kepada Danguspurla sebagai Komandan Satuan Tugas Laut di perairan Ambalat.

“Pemegang Komando Pengendalian Operasi atau Kodalops Operasi Perisai Sakti tahun 2020 adalah Panglima Koarmada II yang membawahi komandan Satgasla dalam hal ini adalah Danguspurla Koarmada II dan juga membawahi Dansatgasud yang pada saat ini dipercayakan kepada Komandan Lanud 5 Koopsau 2 Makassar, sehingga nanti ada unsur udara yang berperan memayungi seluruh kegiatan operasi yang kita gelar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, perwira tinggi TNI AL yang akrab disapa Heru ini menambahkan bahwa Komandan Satgasla dalam Operasi Perisai Sakti adalah Guspurla membawahi KRI, Pangkalan, Posal, serta Satgasmar Ambalat yang berada di perairan Sulawesi dan pulau-pulau perbatasan Indonesia-Malaysia.

Heru juga berharap dengan perkuatan pasukan Marinir yang di BKO-kan bisa mengemban tugas-tugas operasi lebih optimal lagi untuk mendukung keterbatasan Posal yang ada di perbatasan. Bisa memberikan informasi perkembangan situasi di daerah perbatasan dan sekaligus bisa mencari data sebagai acuan latihan TNI Angkatan Laut serta mencari data untuk latihan pendaratan amfibi.

“Kita berharap Satgas yang sekarang harus bisa lebih merakyat dan turut mensukseskan program-program pemerintah serta memberikan contoh, suri tauladan untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dengan tetap konsisten terhadap tugas pokok kita sebagai prajurit TNI Angkatan Laut yang dipercaya untuk mengemban menegakkan kedaulatan dan hukum di perbatasan Indonesia-Malaysia, ” ungkap jenderal bintang dua dipundak ini.

“Laporkan kegiatan kepada pengendali taktis sesuai jalur yang telah disiapkan, serta tunjukkan prestasi bahwa kalian bisa mengemban tugas ini dengan lebih baik lagi dibanding pasukan-pasukan sebelumnya,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com