Published On: Mon, Oct 12th, 2020

Bakamla Berikan Bansos untuk Masyarakat di Perbatasan RI-Filipina

Bansos untuk masyarakat perbatasan RI- Filipina

MN, Minahasa – Bakamla RI kembali menggelar kegiatan bakti sosial yang termasuk ke dalam rangkaian Operasi Cegah Tangkal Tahun 2020. Kali ini kegiatan dilaksanakan di Pangkalan Armada Kapal Patroli Zona Maritim Tengah, Desa Serei, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (12/10/20).

Mewakili Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., Deputi Kebijakan dan Strategi (Jakstra) Bakamla RI Laksda TNI Tatit E. Witjaksono, S.E.,M.Tr.(Han) memimpin  kegiatan yang dihadiri masyarakat pesisir dan nelayan di wilayah perbatasan Indonesia – Filipina tersebut.

Penyerahan bantuan sosial (bansos) dan bantuan kesehatan (bankes) ini merupakan wujud nyata kepedulian Bakamla RI dalam bersinergi dengan instansi terkait. Dalam hal ini, khususnya Kementerian Sosial (Kemensos) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang turut fokus menyikapi dalam meringankan kebutuhan masyarakat pesisir yang terkena dampak Covid-19.

Melalui sambutan Kepala Bakamla RI yang dibacakan oleh Laksda TNI Tatit, dikatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mencegah dan menimalisir penularan penyakit yang disebabkan oleh Covid-19.

“Bakamla RI bersinergi dengan Kemensos dan BNPB yang diwujudkan dengan kehadiran kapal patroli Bakamla RI yang mampu menjangkau pulau terdepan,” ucapnya.

Pemerintah saat ini tengah berjuang untuk menjamin kondisi masyarakat, baik dalam hal keamanan, kesehatan, ekonomi, dan sosial.

“Bakamla RI sebagai salah satu Badan Pemerintah berusaha turut andil dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, selain menjaga keamanan dan keselamatan di laut, juga turut serta dalam penanggulangan Covid-19,” tutur Laksa TNI Tatit.

Sementara itu, Pjs. Gubernur Sulut Agus Fatoni yang diwakili Kadis Sosial dr. Rinny Tamuntuan mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah terhadap masyarakat Sulawesi Utara.

“Pemerintah Provinsi melalui dinas sosial sangat mendukung penuh aksi sosial yang dilakukan oleh Bakamla RI dalam kesertaannya menyejahterakan masyarakat, terlebih di tengah pandemi Covid-19,” ujar Tamuntuan.

Pada kegiatan bakti sosial di Zona Maritim Tengah ini, total 676 paket bansos dari Kemensos  diserahkan kepada masyarakat pesisir yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan di sekitar Pangkalan Armada Bakamla RI di Serei. Selain itu dibagikan juga alat kesehatan (alkes) sejumlah 324 buah pakaian Hazmat, 69 buah goggles (kacamata), 72 buah pelindung sepatu, 177 buah pelindung wajah, 600 paket Rapid Test antigen, serta 1.822 buah masker kain yang diserahkan ke Puskesmas Munte.

Tidak hanya di Desa Serei, kegiatan bakti sosial ini juga menyentuh hingga ke sejumlah pulau-pulau terluar di wilayah Indonesia. Wilayah tersebut antara lain Kelurahan Tidore, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kelurahan Melonguane, dan Kabupaten Kepulauan Talaud. Diketahui bahwa wilayah ini berada di pulau terluar yang wilayahnya berbatasan dengan Filipina.

“Bantuan ini sangat meringankan masyarakat dalam menghadapi Covid-19, tanpa bantuan ini kami merasa berat karena kami tidak bisa melaut, diharapkan bantuan ini akan terus berlanjut,” ujar Asron Nangkoda, salah satu warga Desa Serei yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan tradisional.

Selain bantuan berupa sembako, bantuan alat kesehatan bagi puskemas serta bantuan berupa paket rapid test juga diharapkan mampu menangkal dan mendeteksi lebih dini penyebaran Covid-19. Selain itu, diharapkan masyarakat juga dapat terbantu untuk memperoleh penanganan Rapid test secara gratis.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah jajaran pejabat Bakamla RI, antara lain Direktur Data dan Informasi Laksma TNI Dwi Aris Priyono, S.T., Direktur Operasi Laut Laksma TNI Suwito, SE, M.Si (Han), dan Kepala Kantor Kamla Zona Mariitm Tengah Laksma TNI Drs. Leonidas Braksan , M.M.

Selain itu, sejumlah tamu undangan juga turut hadir dalam kegiatan kemanusiaan ini. Tamu undangan antara lain Pangdam XIII Merdeka yang diwakili Aster Kol Inf, Idrus Soemantri, S.ip, Kapolda Sulut yang diwakili Dir Binmas Kombes Pol. Dumadi, S.St., M.K., S.H., Danlantamal VIII Manado yang diwakili Wadan Lantamal Kol. (P) Endra Sulistiyono S.E., M.M., Kepala Pangklan PSDKP Bitung Donny Muhamad Faisal, S.St.Pi, S.Pi., M.Si. (An/MN)

 

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com