Published On: Mon, Feb 22nd, 2021

MNP: The Biggest Container Terminal di Timur Indonesia

Makassar New Port

MN, Makassar – Dalam kurun dua tahun kedepan, Makassar New Port (MNP) diyakini bakal menyaingi Terminal petikemas lainnya, baik untuk ekspor maupun impor. Keberadaan MNP jadi the biggest container terminal in eastern Indonesia (Terminal Petikemas terbesar di Timur Indonesia).

Saat ini MNP secara bertahap telah melakukan kegiatan bongkar muat petikemas domestik dan ocean going limpahan dari Terminal Petikemas Makassar (TPM), target MNP di tahun 2023 bakal menerima seluruh kegiatan TPM.

MNP menjadi terminal Petikemas dengan akses distribusi barang menggunakan kereta api, akan ada rel kereta api ke arah Parepare tetapi bukan masuk ke dalam container yard melainkan ke lokasi yang dekat pelabuhan tersebut.

Bahkan kedepan MNP juga akan memiliki kawasan industri yang terintegrasi. Direncanakan nantinya pembangunan kawasan industri di lokasi MNP Tahap III merupakan kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan.

Fasilitas MNP didesain guna menangani kapal-kapal besar sampai dengan type Super post panamax, serta didesain kedalamannya antara -16 m LWS hingga – 20 m LWS. Nanti crane yang dipasangpun akan lebih besar disesuaikan rencana kedatangan kapal.

Pandemi Covid-19

GM Pelindo IV MNP, Edy Nursewan menerangkan kepada Maritimnews di Makassar baru-baru ini, bahwa container yard (CY) MNP memiliki luas 16 hektare dan meningkat 48 hektare pada tahun 2022, dengan kapasitas penumpukan sebesar 17,5 juta TEUs.

Menurut Edy, meskipun masih dalam masa Pandemi Covid-19, tetapi arus bongkar muat barang dan operasional pelayanan kapal di MNP tidak mengalami gangguan yang cukup berarti, bahkan meningkat.

“Pandemi Covid-19 tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja bongkar muat di MNP, kami siap melakukan pelayanan selama 24×7,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com