Published On: Wed, Nov 17th, 2021

OP Tanjung Priok Gandeng BP3IP Gelar Diklat Pengawas dan Operator Limbah

Kepala OP Utama Tanjung Priok, Wisnu Handoko saat kegiatan Diklat

MN, Jakarta – Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub bekerjasama dengan Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta menyelenggarakan kegiatan Diklat Pengawas dan Operator Limbah Pelabuhan dan Kapal, pada hari Selasa (16/11) sampai dengan Rabu (17/11) di Jakarta.

Diharapkan ke depan Pelatihan Pengawas dan Operator Penanganan Limbah Kapal di Pelabuhan, dapat dijadikan Standar Kompetensi Kerja di tengah program menjadikan Pelabuhan Greenport.

Menurut Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Priok, Dr Capt Wisnu Handoko MSc, pelatihan tersebut merupakan yang pertama kalinya dan desain course baru berdasarkan kebutuhan skill SDM dalam pelaksanaan Manajemen Limbah Kapal terpadu. Adapun pelatihan dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama link and match antara BP3IP dan kebutuhan ekosistem Pelabuhan Tanjung Priok.

Capt Wisnu menegaskan, bahwa Pelatihan Penanganan Limbah Kapal di Pelabuhan bagi petugas pengawas dan operator fasilitas penerimaan (Reception Facilities) guna mewujudkan penanganan limbah kapal untuk memenuhi norma standar prosedur dan kriteria melalui penugasan personil yang memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam melaksanakan pengawasan dan pengelolaan limbah kapal di Pelabuhan.

Adapun peserta pelatihan yang dibuka Capt Wisnu Handoko didampingi Kepala Bidang Usaha BP3IP, Dr Ignatius Joko Susanto, diikuti oleh 20 orang yang berasal dari Kantor OP Utama, Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Ditlala Ditjen Hubla, BP3IP, KSOP Banten, KSOP Panjang, NPCT 1, JICT, TPK Koja, Pelindo Group, Indowastec, Binasamsurya dan MAL dengan narasumber Kepala Seksi Prasarana Direktorat Penilaian Kinerja PLB3 dan LNB3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Widayati.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com